Sentra Keramiik Plered

Minggu, 12 Juli 2015 - 10:32 WIB
Sentra Keramiik Plered
Sentra Keramiik Plered
A A A
Beragam cara dilakukan untuk menjaga warisan leluhur. Salah satunya industri keramik Plered yang menopang hidup ribuan jiwa.

Selama puluhan tahun, mereka telah bergantung dari produksi keramik Plered mulai dari pembuatan hingga penjualan. Sentra keramik Plered telah dikenal sejak lama. Bahkan menurut salah satu sumber menyebutkan telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya sekitar tahun 1904. Kawasan Plered yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini cukup mudah untuk dikunjungi. Ketika melintas di Jalan Purwakarta, tampak pemandangan deretan jongko penjualan keramik, mulai dari alat rumah tangga, suvenir, pajangan, hingga mainan anakanak.

Di sana pengunjung dapat berintekasi langsung dengan perajian dan melihat proses produksi keramik-keramik indah tersebut. Awal proses pengerjaan, biasanya para perajin menerima pesanan atau sekedar membuat dan jika ada yang berminat maka keramik tersebut dapat dibeli.

Dimulai dari proses penggambaran pola yang dilukis di dinding untuk memudahkan para pengrajin menyesuaikan ukuran, dilanjutkan dengan mengumpulkan bahan baku yakni dari tanah liat yang kemudian lewat sentuhan tangan terampil para perajin mengolah gundukan tanah liat, lalu dibentuk menjadi gerabah. Setelah terbentuk gerabah, barulah dibuat pola sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran. Lukisan warna-warni dan aneka gambar di gerabah ini disesuaikan dengan kesukaan para pemesan dari seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara.

Tak heran, sentra keramik Plered terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Harga produk keramik Plered dipator mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah tergantung dari bentuk dan ukuran. Harga tak seberapa bagi para penggila keramik.

Teks dan Foto : Adam Erlangga
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3417 seconds (0.1#10.140)