Perempuan Lereng Merapi Pukau Pacman

Jum'at, 10 Juli 2015 - 08:38 WIB
Perempuan Lereng Merapi Pukau Pacman
Perempuan Lereng Merapi Pukau Pacman
A A A
YOGYAKARTA - Petinju legendaris Manny Pacquiao (Pacman) akhirnya merasakan dinginnya lereng Gunung Merapi kemarin.

Selain itu, dia juga “terpukau” dengan ketangguhan perempuan di lereng Gunung Merapi. Hal itu terlintas saat petinju dunia tersebut melakukan pengambilan gambar iklan Kuku Bima Energi di eks wisata Bebeng atau kawasan Volcano Tour Merapi bersama bintang tinju kenamaan Indonesia, Chris John “The Dragon”. Keterpukauan Pacman— panggilan akrab Manny Pacquiao– dengan perempuan lereng Merapi terjadi saat bertemu lawan main dalam iklan produk jamu tersebut.

Yakni seorang perempuan tua mengenakan kebaya lengkap dengan jarik dan caping di kepalanya tengah menggendong kayu bakar di punggungnya. Sebelum syuting dimulai, pandangan Pacman tak beranjak saat perempuan tua itu mengikat tumpukan kayu bakar dengan kain jarik. Perempuan itu pun berusaha menggendong tumpukan kayu bakar sehingga Pacman segera mendekat untuk membantu. Belum sampai mendekat, sejumlah kru membantu perempuan tua tersebut.

Kemudian dia bertanya kepada kru untuk memastikan apakah orang yang dikaguminya itu kuat menggendong tumpukan kayu bakar di punggungnya. “Apa dia baikbaik saja?” tanyanya kepada kru. Kemudian si kru ini menjawab bahwa aktivitas mencari kayu bakar dan membawanya dengan cara digendong adalah hal biasa. Itu sudah umum dilakukan para perempuan di lereng Merapi. Dia mengaku baru pertama kali datang ke Yogyakarta. Meski begitu, dia senang bisa berada di kota yang indah. Pacman pun terkesan dengan keramahan warga Yogyakarta.

“Ini yang pertama, saya senang. Masyarakat di sini sangat ramah,” ujarnya. Sementara dipilihnya Pacman sebagai bintang iklan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul ini adalah untuk mendekatkan produk dalam negeri terhadap pangsa pasar Asia Tenggara. “Sebentar lagi kita menyongsong era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Iklan ini akan diputar di Indonesia, Filipina, dan beberapa negara lain yang harus merefleksikan tokoh yang dikenal dunia,” ungkap Dirut Sido Muncul Irwan Hidayat, kemarin.

Selain itu, kata dia, dipertimbangkan pula kedekatan sosok Pacman dengan masyarakat kecil. Sebab yang bersangkutan juga dikenal sebagai dermawan. Pacman mempromosikan produk terbaru Kuku Bima Energi RTD dalam bentuk botol, sedangkan Chris John produk bubuk. “Ada sejumlah produk lain yang akan dibintangi Manny Pacquiao guna memperluas jaringan pemasaran di Filipina dan negara ASEAN lainnya,” kata Irwan. Kegemaran Pacman menyumbangkan bayaran tinjunya untuk kegiatan amal juga menarik perhatian pengusaha properti Zarah Moerad.

Di tengah- tengah syuting, Zarah menyerahkan sumbangan untuk yayasan amal Pacquaio’s Foundation sebesar Rp1 miliar. “Saya kagum karena Pacquiao seorang dermawan,” kata Zarah yang aktif dalam kegiatan amal di Indonesia. Sementara Anggota Komisi X DPR Moreno Soeprapto salut dengan komitmen perusahaan lokal menjadi produsen jamu dan herbal yang hadir di dunia luar.

“Jangan hanya menjadi penonton di negeri sendiri, tapi juga bisa penetrasi di kawasan Asia dan internasional. Selain itu, langkah ini juga dalam memopulerkan produk khas Indonesia, yakni jamu kepada masyarakat luas. Imbasnya tentu akan semakin mendongkrak industri jamu dalam negeri,” kata Moreno. Chris John mengaku surprise beradegan iklan bersama Pacquiao.

“Saya juga melihat ini akan mengangkat nama dunia tinju sekaligus dua sosok petinju dari Asia Tenggara yang mampu berkiprah di kancah internasional,” katanya.

Muh fauzi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9490 seconds (0.1#10.140)