Mahasiswa UGM Juara III Mawapres

Kamis, 02 Juli 2015 - 10:37 WIB
Mahasiswa UGM Juara...
Mahasiswa UGM Juara III Mawapres
A A A
YOGYAKARTA - Mahasiswi Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) Fisipol UGM, Dianty Widyowati Ningrum, berhasil meraih juara III dalam ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (Mawapres).

Dalam kompetisi tersebut, Dianty mengangkat isu anak jalanan dalam karya tulisnya. "Bagi saya sendiri, presentasi karya tulis di hadapan delapan juri pakar merupakan tahapan seleksi yang paling berat. Ini karena tiap peserta diharuskan menyampaikan ide dan gagasan kreatif yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Sempat ragu juga apakah topik yang saya angkat ini bisa dinilai baik," ujarnya kemarin.

Topik karya tulis yang diangkat Dianty adalah pengadaan data kualitatif dan kuantitatif anak jalanan untuk memudahkan proses penanganan sosial. Menurut Dianty, jumlah anak jalanan seluruh Indonesia saat ini berjumlah sekitar 232.000 orang. Angkat tersebut ternyata bertambah dua kali lipat dibanding angka tahun 2011 yang hanya mencapai 130.000 orang.

"Pertambahan jumlah anak jalanan ini belum diketahui penyebabnya karena minimnya ketersediaan data, begitu pun proses penanganannya. Karenanya, lewat karya tulis saya ini, saya menawarkan metode survei untuk menguatkan pengolahan data yang sudah ada tersebut," ungkapnya.

Ajang yang diselenggarakan Kemenristekdikti ini digelar di Hotel Santika Premiere, Malang, Selasa (30/- 6). Dianty mengungkapkan, tidak hanya karya tulis yang menjadi kriteria penilaian.

Ratih keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)