30 Ton Gula Gagal Dirampok

Kamis, 02 Juli 2015 - 08:27 WIB
30 Ton Gula Gagal Dirampok
30 Ton Gula Gagal Dirampok
A A A
UNGARAN - Aparat gabungan dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Semarang dan Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng kemarin berhasil menangkap dua pelaku perampokan lintas provinsi.

Keduanya diringkus di Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di tanjakan Merakmati, Bawen, Kabupaten Semarang saat berupaya membawa kabur hasil kejahatan. Dua pelaku masing-masing Margono Putro, 40, warga Purwosari, Kediri, Jawa Timur; dan Agus Mulyadi, 37, penduduk Pucangsimo, Bandar, Jombang, Jawa Timur.

Turut diamankan truk tronton B 9283 UEU milik PT Silver Line Trucking Service, perusahaan jasa transportasi yang berbasis di Jakarta. Truk tersebut diketahui tengah mengangkut gula rafinasi seberat 30 ton milik PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ). “Truk tersebut akan kirim gula dari Cilegon, Banten, menuju Surabaya. Tapi sampai di tol Pejagan, tadi malam (kemarin dini hari) truk itu dirampok, sopirnya dibuang di jalan,” tutur Roby, 32, karyawan Silver Line asal Gayamsari, Kota Semarang, di sela-sela pemeriksaan dua pelaku perampokan di Mapolres Semarang.

Informasi yang didapat, truk yang disopiri Ahmad, 30, warga Lasem, berangkat dari pabrik SUJ di Cilegon, Selasa (30/6) malam. Setibanya di kawasan Klari, Karawang, Jawa Barat, truk dicegat dua pelaku yang bermaksud menumpang. “Saya kenaldengankorbanAhmad, dia teman saya. Saya bilang mau pulang ke kampung sehingga dibolehkan menumpang,” ujar pelaku Margono Putro. Tiba di ruas tol Pejagan, Brebes, kemarin dini hari sekitar pukul 02.00 WIB, dua pelaku beraksi.

Memanfaatkan situasi ruas jalan yang sepi, keduanya tidak menemui kesulitan saat melumpuhkan Ahmad. “Kami tidak pakai senjata, hanya pakai tangan. Rencananya hasil rampokan kami jual dan bagi rata,” ujar dia. Ahmad selanjutnya diikat dan dilakban mulutnya. Berupaya menghilangkan jejak, korban ditinggal begitu saja di ruas tol Pejagan. Jejak dua pelaku terendus setelah Ahmad melapor kejadian yang dialami ke petugas kepolisian Pejagan.

Setelah dilakukan pelacakan lewat global position system (GPS), truk hasil rampokan terdeteksi menuju ke arah timur, melintas wilayah Semarang. Truk tersebut diketahui masuk tol Manyaran menuju ke selatan atau arah Solo. Unit PJR Tol Pejagan minta bantuan Unit PJR Polda Jateng yang bertugas di pintu tol Manyaran untuk melakukan pengejaran. Tim gabungan Polres Semarang dan Polda Jateng akhirnya berhasil menghentikan laju truk di tanjakan Merakmati Bawen.

Tidak ada perlawanan dari dua perampok saat diringkus belasan polisi bersenjata lengkap. Dari hasil pengecekan barang bukti, diketahui ada tiga sak gula, seberat 150 Kg, hilang dari muatan truk. “Dua pelaku berikut barang bukti akan langsung kami serahkan ke kepolisian Pejagan, karena lokasi kejadian tindak pidananya di sana,” kata Kapolres Semarang AKBP Latif Usman.

Agus joko
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)