Kuasai Bahasa Asing, Sarat Prestasi

Rabu, 01 Juli 2015 - 08:00 WIB
Kuasai Bahasa Asing,...
Kuasai Bahasa Asing, Sarat Prestasi
A A A
SEIRING perkembangan zaman, polisi terus dihadapkan dengan tantangan-tantangan baru. Karena itu, penguasaan bahasa asing dan kecerdasan intelektual menjadi penting.

Setidaknya, kemampuan itu sudah dimiliki Bripda Oktarinata Indra Rukmana, Polwan yang bertugas di Banum Penum Sub Bidang Penerangan Masyarakat Bidang Humas (Bid Humas) Polda Jawa Tengah.

Polwan kelahiran Pati yang genap berusia 19 tahun pada 2 Oktober mendatang ini menguasai Bahasa Inggris (aktif) dan Bahasa Jepang (pasif).

"Bahasa Inggris memang belajar dari SD. Kalau Bahasa Jepang dulu sempat ikut les. Sekarang sudah bisa baca huruf Hiragana dan Katakana," ungkap Okta saat mengobrol dengan KORAN SINDO di Markas Polda Jawa Tengah, Selasa (30/6/2015).

Saat Penutupan Pusdik Binmas Banyubiru pada tahun 2014, Okta jadi salah satu MC (master of ceremony) di tempat pendidikannya itu. Saat itu ada empat MC, karena penutupan menggunakan empat bahasa yakni Indonesia, Jepang, Jerman, dan Inggris.

"Saya yang jadi MC berbahasa Jepang," tambah Okta yang murah senyum ini.

Kemampuannya berbahasa asing tentu dicapai dengan belajar tekun. Ia menyebut, salah satu yang mendorongnya adalah cita-cita. Okta awalnya punya cita-cita jadi staf kedutaan besar, walaupun akhirnya menjadi Polwan.

"Kalau cita-cita itu (staf kedutaan besar) tetap ada," ungkapnya.

Okta adalah lulusan SMA N 1 Pati. Saat sekolah, Okta terbilang sarat prestasi, baik individu maupun kelompok. Skala prestasinya mulai nasional hingga provinsi.

Sejumlah prestasi yang disabet di antaranya Juara II Earth Sains International Jambore dan Olympic di Yogyakarta, Juara I English Camp se-Provinsi Jawa Tengah, Juara I Debat Bahasa Inggris se-Kabupaten Pati, Juara III Cerdas Cermat se-Provinsi Jateng dengan tema 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara. Itu diraih bersama kelompoknya.

"Ada juga prestasi (individu) di tingkat kabupaten. Tentu sangat bersyukur, dan terima kasih kepada semua guru-guru saya," pungkas penyuka film action ini.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)