SMAN 2 Sleman, Ngabuburit Maknyus

Minggu, 28 Juni 2015 - 10:56 WIB
SMAN 2 Sleman, Ngabuburit Maknyus
SMAN 2 Sleman, Ngabuburit Maknyus
A A A
Saat siswa sekolah lain asyik liburan, SMAN 2 Sleman justru sibuk menggarap tempat ngabuburit yang maknyus.

Selain menunya terbilang lengkap, di Pasar Sore Ramadan SMAN 2 Sleman, Anda bisa menikmati live music religi. Untuk menjejakkan kaki di sini sangat mudah karena lokasinya strategis, yakni di timur Balai Desa Pendowoharjo, Sleman. Nilai lebih lainnya, pengunjung disuguhkan pemandangan hamparan hijau persawahan yang ada di depan Pasar Sore Ramadan. Terkait live music yang bergenre akustik, siswa SMAN 2 Sleman musisi tidak sembarangan membawakan lagu.

Mereka hanya memilih lagu-lagu yang bernapaskan Islam. Ini supaya selain dapat menghibur pengunjung, juga membawa suasana spiritual bagi yang menikmatinya. Pasar Sore Ramadan SMAN 2 Sleman sudah mulai terasa aktivitasnya sejak pukul 14.00 WIB. Di mana para pedagang mempersiapkan lapak dagangannya. Setelah semuanya siap, pukul 15.00 pasar sore itu mulai dibuka dan dikunjungi warga. Suasananya semakin ramai menjelang waktu berbuka puasa.

Selain dapat membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa, di tempat ini juga menyediakan lokasi ngabuburit. Tepatnya di sisi barat stan makanan. Di tempat ini ada tenda yang bisa dimanfaatkan warga untuk berbuka puasa bersama. Bagi yang ingin buka puasa di sini, tidak perlu khawatir soal menu makanannya, terutama menu ringannya.

Sebab, di stan makanan banyak ditawarkan berbagai panganan untuk berbuka dengan harga sangat terjangkau, yakni Rp1.000- Rp6.000 per item . Ngabuburit di sini memiliki minuman andalan dan menjadi ikonnya, yakni es buah rejeki. Es ini terdiri dari beberapa bahan seperti semangka, melon, stroberi, bengkuang, cincau, dan susu. Banyaknya isi dalam es tersebut mengandung arti banyak makanan, banyak rezeki. Harga es buah rejeki hanya Rp5.000 per gelas.

Tapi karena jumlahnya terbatas, es tersebut cepat habis terjual. “Setiap hari kami menyediakan 40-50 gelas minuman segar itu dan selalu habis terjual,” ungkap Koordinator Pasar Sore Ramadan SMAN 2 Sleman Alfian Nurcholis. Selain es buah rejeki, minuman yang juga banyak dicari yakni es kelapa muda. Nah , bagi yang ingin mencicipi sensasi menu pedas, tidak ada salahnya mencoba menikmati lumpia rebung Semarang.

Dijamin yang memakannya akan merasakan hot yang luas biasa. Pembina OSIS SMAN 2 Sleman Arif Wahyudi menuturkan, selain memberi dampak positif pada siswa, Pasar Sore Ramadan juga mampu menginspirasi warga untuk berjualan menjelang buka puasa. Terbukti, dari yang awalnya hanya siswa yang berjualan, kini bermunculan pedagang lain di ruas jalan yang sama.

“Sehingga tempat ini menjadi ramai,” imbuhnya. Arif memprediksi pada H- 10 jumlah item yang dijual di tempat ini akan lebih beragam. Khususnya produk selain makanan dan minuman seperti baju, kue kering, dan selongsong ketupat.

“Kegiatan ini akan berlangsung sampai H-2 Lebaran. Para pengunjung berasal dari masyarakat sekitar dan pengguna kendaraan yang melintas,” paparnya. Arif berharap Pasar Sore Ramadan ini ke depannya bisa berkembang menjadi tempat ngabuburit yang menyenangkan. Dian, salah satu pembeli, senang dengan adanya Pasar Sore Ramadan ini.

Selain menu makanan yang ditawarkan banyak, juga ada hiburan yaitu musik akustik yang dimainkan para siswa SMAN 2 Sleman. Terlebih harganya cukup murah. Dia juga penasaran menikmati es buah rejeki. “Ya itulah alasan saya mampir ke tempat ini,” akunya.

Priyo Setyawan
Sleman
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3953 seconds (0.1#10.140)