Sindikat Pembobol ATM Antar-Provinsi Dibongkar

Sabtu, 27 Juni 2015 - 10:26 WIB
Sindikat Pembobol ATM Antar-Provinsi Dibongkar
Sindikat Pembobol ATM Antar-Provinsi Dibongkar
A A A
MEDAN - Polresta Medan dan Polsek Delitua membongkar sindikat pencurian dan penipuan anjungan tunai mandiri (ATM) antarprovinsi.

Petugas meringkus dua tersangka penipuan di Jalan Jamin Ginting, Medan, Kamis (25/6) malam. Kedua tersangka, yakni Asmal Mandalito, 36, warga Desa Paya Bengkuang, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat; dan Antoni alias Toni, 23, warga Jalan Denai, Lorong Hidayah, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai.

Kapolresta Medan, AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto, mengungkapkan, terbongkarnya sindikat pembobol ATM ini bermula ketika petugas mendapat laporan dari korban, Achmad Priadi, 41, warga Jalan Perwira V, Medan Sunggal. Achmad melaporkan dirinya menjadi korban penipuan ATM. “Saat korban mengambil uang di ATM, kartu ATM tidak berfungsi karena terganjal. Ternyata pelapor melihat mesin ATM sudah diganjal menggunakan tusuk gigi, setelah itulah korban melapor,” ungkap Mardiaz.

Mendapat laporan itu, polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan melakukan olah TKP di gerai ATM Jalan Jamin Ginting, persis di toko Mawar Bakery. Petugas kemudian melakukan pengintaian, dan tidak lama berselang, kedua tersangka datang menyamar sebagai teknisi ATM. Kemudian petugas menangkap kedua tersangka dan membawa ke Polsek Delitua untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dari penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti 17 stiker, 13 lembar kartu ATM, satu buah kartu game , satu buah gunting, satu buah tang, dan 11 batang tusuk gigi. “Hasil pemeriksaan, tersangka beraksi lintas provinsi. Ada di Jambi, Pekanbaru, Riau, Padang, dan Medan,” kata Mardiaz.

Mardiaz menambahkan, masih memburu rekan tersangka berinisial, AL, 27, warga Pekanbaru, yang diduga otak pelaku pembobolan ATM. Tersangka Asmal mengaku sudah enam bulan beroperasi melakukan pembobolan ATM dan meraup uang puluhan juta rupiah.

Dody ferdiansyah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2577 seconds (0.1#10.140)