Operasional Pasar Srowulan Mati Suri

Rabu, 24 Juni 2015 - 09:23 WIB
Operasional Pasar Srowulan Mati Suri
Operasional Pasar Srowulan Mati Suri
A A A
SLEMAN - Keberadaan Pasar Sro wolan, Purwobinangun, Pakem, Sleman terancam tinggal kenangan. Pasar kasultanan yang dibangun sejak 1921 itu saat ini kondisinya memprihatinkan.

Hanya ada enam pedagang yang menggelar dagangan di pasar ini. Itu pun tidak setiap ha ri karena mereka membuka da gangan pada saat pasaran wage pada penanggalan Jawa. Padahal pasar ini merupakan saksi hidup, bagi para pejuang saat melawan agresi militer Belanda. Yaitu sebagai lokasi ber kumpulnya gerilyawan. Di sini para gerilyawan dibantu war ga melanjutkan perjuangannya.

Sehingga pasar itu men dapat sebutan pasar perjuangan. Namun dengan kondisi se karang, Pasar Srowulan dipastikan hanya akan tinggal kenangan. Minimnya sarana prasarana dan fasilitas pendukung, terutama transportasi serta banyak nya pedagang keliling diduga menjadi penyebab matinya pasar bersejarah ini. Warga setempat, Murtini me ngatakan, kondisi ini sudah terjadi puluhan tahun lalu. Se belumnya pasar ini ramai dan penuh dengan pedagang. Teruta ma hari pasaran Legi, Pon, dan Wage. Pedagang yang datang bukan hanya warga Sorowulan dan Sleman, namun juga luar Sleman, seperti Mun tilan dan Magelang.

“Namun seiring dengan perkembangan zaman, pasar ini menjadi sepi dan mulai di - tinggalkan pedagang,” ungkap Mur tini yang ru mahnya berada di sebelah utara pasar. Kepala Desa Purwobinangun, Pakem, Heri Suasana mengakui hal tersebut. Berbagai upaya sudah dilakukan desa untuk menghidupkan kembali Pasar Srowulan. Di antaranya dengan mengadakan pertunjukkan kesenian tradisional, seperti jatilan dan menjadi kunju ngan paket desa wisata serta se nam setiap Jumat Wage.

Termasuk mengajak para stakehol der yang komitmen terhadap pari wisata. “Namun beberapa upaya itu belum menunjukkan perkembangan yang positif,” paparnya.

Priyo setyawan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6536 seconds (0.1#10.140)