Kembangkan Potensi, Kulonprogo Gandeng Kampus

Jum'at, 19 Juni 2015 - 08:47 WIB
Kembangkan Potensi, Kulonprogo Gandeng Kampus
Kembangkan Potensi, Kulonprogo Gandeng Kampus
A A A
KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menjalin kerja sama dengan UPN ”Veteran” Yogyakarta dan STIKES Wira Husada Yogyakarta dalam bidang pendidikan, pengkajian dan penelitian, serta pengabdian masyarakat dalam rangka pengelolaan sumberdaya alam dan sumber daya manusia.

Melalui kerja sama ini di harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat se suai dengan tugas dan fungsi serta wewenang masing-masing. Kerja sama dengan kalangan akademisi ini dituangkan da lam memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan ini dilakukan oleh Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Sari Bahagiarti dan Ketua STIKES Wira Husada Yogyakarta Sugeng Juwono Mar di hu sodo.

“Ha ra - pan kami, me la lui kerja sama ini bisa me ngem bang kan potensi yang ada di Ku lon progo,” kata Has to usai pe nan datanganan ker ja sama. Hasto juga berharap sa at ada ma hasiswa STIKES Wira Husada yang praktik juga ikut me la ku kan pelayanan keseha - tan ke pada masyarakat. Pihak UPN, akan mengupa - ya kan LPPM untuk melakukan beberapa pengabdian masya ra - kat dan penelitian.

Mulai dari Tata Kelola Pertambangan, Penataan Kelembagaan UMKM, Bimtek Potensi, Rekayasa Penge ringan Cabai, dan beberapa bidang lain. “Tahun ini dan tahun depan KKN juga untuk pemberdayaan masyarakat un tuk pengembangan wisata” kata Sari.

Selama ini, UPN sudah kerap melakukan kerja sama dengan Kulonprogo. Mulai dari pengelolaan dan penanganan longsor, pelatihan kepada masyarakat, serta pemetaan daerah rawan longsor. Bahkan juga akan mengu payakan pengembangan wi sata geoheritage, pengembangan kuliner, dan pengelolaan berbasis pertanian.

Sementara itu, Sugeng Ju wono menyampaikan terima ka sih karena selama ini para mahasiswanya telah diberikan dan diterima untuk melakukan praktik.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8010 seconds (0.1#10.140)