Longsor Timbun Jalan Pondoksalam

Kamis, 18 Juni 2015 - 10:32 WIB
Longsor Timbun Jalan Pondoksalam
Longsor Timbun Jalan Pondoksalam
A A A
PURWAKARTA - Jalan penghubung antar - kecamatan terputus akibat longsor di Desa Pondok Bungur, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, sekitar pukul 05.00 WIB, kemarin.

Bencana ini menelan satu korban jiwa dan meng akibatkan jaringan pipa PDAM yang melintasi kawasan tersebut terputus. Informasi yang didapat KORAN SINDO korban bernama Hari Jumadal, 36, warga De sa Bungur Jaya, Kecamatan Pon doksalam. Laki-laki yang menge na kan seragam sekuriti/ satpam ini ditemukan su dah tak bernyawa tertimbun longsoran tanah. Selain korban, war ga juga menemukan motor yang diduga milik korban tertimbun material longsoran tanah.

“Saat longsor terjadi diduga kor ban sedang melintas di jalan ini. Kami masih menyisir be be ra - pa lokasi yang tertimbun long sor karena tidak menutup ke mung - kinan ada korban lain nya, meskipun di lokasi bukan permukiman penduduk,” ung kap Kapolsek Pasawahan AKP Slamet Haryanto di lokasi ke ja dian. Sementara itu Bupati Pur wakar ta Dedi Mulyadi yang da tang meninjau lokasi longsor mengungkapkan, jalan peng hubung antara Kecamatan Pon dok salam dengan Bo jong yang terputus akibat long sor ini sudah tidak mungkin lagi bisa diperbaiki.

Sebab long sor yang terjadi cukup luas de ngan kedalaman sekitar 100 me ter dan lebar sekitar 50 me ter. Sementara jalan yang putus terbawa longsor sekitar 30 me ter. “Longsor akibat terdapat eks ga lian pasir liar di bawah lem - bah. Artinya ada aktivitas galian C ilegal yang terjadi beberapa tahun lalu. Sehingga dam pak nya baru dirasakan sekarang. Buk - tinya bisa dicek karena tanah jalan yang di bawahnya terdapat sisa galian ini tak bisa me nahan beban dari atas,” ujar Dedi.

Dedi menegaskan, pihaknya akan mencari siapa orang yang me la kukan penggalian pasir di Polokasi tersebut. Jika ditemukan, pihaknya akan mengajukan proses hukum. “Orang yang melakukan penambangan liar ini harus bertanggung jawab,” tegas dia. Sebab, lanjut dia, selian menyebabkan infrastruktur jalan terputus peristiwa bencana alam ini juga mengakibatkan jalur pipa PDAM untuk suplai air ke wilayah kota terputus. Kemungkinan besar ada beberapa lokasi di wilayah kota Purwakarta yang suplai airnya terganggu hingga beberapa hari ke depan.

“Solusinya mungkin nanti PDAM mengantar air melalui mo bil tanki. Karena pipa uta ma PDAM terputus akibat ben cana alam ini,” ujar dia. Karena kontur tanah yang labil di lokasi tak me mungkinkan untuk dilakukan perbaikan. Solusinya Pemkab Purwakarta harus membuat jalan penghubung antarkecamatan ba ru di lokasi lain. Jalan yang saat ini longsor kemungkinan akan ditutup tolal. Untuk se men tara, para pengguna jalan yang hendak ke Kecamatan Bo jong, bisa menggunakan jalur uta ma Purwakarta-Wanayasa.

“Ya, akan dibuka jalan baru karena lokasi ini tidak mungkin bisa diperbaiki dengan sistem je m batan pun tidak mungkin. Kami akan buka jalur baru, di - per kirakan anggaran yang di - siap kan untuk pembangunan ja lan ini sekitar Rp5 miliar,” pungkasnya.

Didin jalaludin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5761 seconds (0.1#10.140)