Unnes Kirim Dua Divisi Robot

Sabtu, 13 Juni 2015 - 10:51 WIB
Unnes Kirim Dua Divisi Robot
Unnes Kirim Dua Divisi Robot
A A A
SEMARANG - Tim Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerjunkan dua divisi tim robotik untuk mengikuti kontes robot Indonesia (KRI) 2015 tingkat nasional yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Dua divisi tim robotik yang diterjunkan itu masing- masing tim Robot Bledheg Ijo dan Robot Rokes Sapu Geni. Ketua UKM Rekayasa Ilmu Pengetahuan danTeknologi (Riptek) Unnes Mei Rizqiana menyebutkan, divisi Robot Bledheg Ijo berlaga pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Robot tersebut akan bermain badminton selama pertandingan berlangsung. “Sedangkan untuk divisi yang kedua, yakni robot Rokes Sapu Geni akan berlaga pada divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda,” ucapnya.

Sementara robot badminton akan bertanding dengan sistem permainan ganda. “Jadi, tiap tim yang main menerjunkan dua robot. Sistem yang dipakai sama persis seperti permainan badmintonyang dimainkan oleh manusia. Kami meminta dukungan semua pihak agar tim Unnes dapat memberikan hasil yang terbaik. Hasil dan juara itu bonus yang terpenting yakni proses yang maksimal,” paparnya.

Untuk robot pemadam api, sistem pertandingan akan dinilai dari kecepatan dan adu tepat menemukan titik api. Sebelum menemukan titik api yang menjadi target, robot sebelumnya harus melewati halangan dan rintangan yang disediakan dalam pertandingan. “Dan yang tercepat menuju titik api dan memadamkan api dengan tepat menjadi pemenang,” ucap Mei Rizqiana.

Rektor Unnes saat melepas tim dari kampusnya menyebutkan, pihaknya memberikan dukungan penuh. Dia juga mengapresiasi tim yang diberangkatkan itu. “Semua mahasiswa harus kreatif dan inovatif. Seperti tim robotika ini yang mampu maju pada tingkat nasional. Universitas sangat mendukung hal ini,” tandasnya.

Susilo himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7448 seconds (0.1#10.140)