Peluang Mahasiswa Berwirausaha Terbuka Lebar

Jum'at, 12 Juni 2015 - 09:48 WIB
Peluang Mahasiswa Berwirausaha...
Peluang Mahasiswa Berwirausaha Terbuka Lebar
A A A
MEDAN - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) memotivasi ribuan mahasiswa dan wirausaha muda di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, kemarin.

Dalam kesempatan itu, HT juga menawarkan kerja sama antara MNC Group dan USU. “Adik-adik bisa membangun usaha yang lebih besar dari MNC Group. Saya yakin dengan itu jika melihat antusiasme hari ini,” ujar HT saat menyampaikan kuliah umum entrepreneur dan pengembangan wirausaha muda bertemakan “Membangun Ekonomi Indonesia Menghadapi Persaingan Ekonomi Global” di universitas terkemuka di Sumut itu.

Menurut HT, kesempatan menjadi wirausaha di Tanah Air sangat terbuka karena perekonomian Indonesia terus berkembang. Wirausaha juga sangat dibutuhkan karena keberadaan pengusaha penting untuk memajukan Indonesia. Untuk memulai sebuah usaha, konsisten adalah salah satu kata kuncinya.

“Saat ini jumlah wirausaha kita harus ditingkatkan. Setidaknya Indonesia harus memiliki 6% entrepreneur dari jumlah penduduk untuk memajukan bangsa ini,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, sejumlah mahasiswa mengajukan pertanyaan kepada HT. Salah satunya mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat yang bertanya apakah MNC Group bisa memberikan kontribusi bagi mahasiswa USU yang ingin maju sebagai wirausaha.

Mendengar pertanyaan itu, HT pun langsung menawarkan pembuatan MoU (memorandum of understanding ) antara MNC Group dan USU. “MNC Group punya banyak peluang bagi mahasiswa USU. Begini saja, sebagai langkah konkretnya, saya menawarkan dibuat MoU dengan USU. Dari sana kita kembangkan kerja sama seperti apa yang bisa dilakukan.

Beasiswa bagi mahasiswa atau pengembangan bakat dan minat mahasiswa bisa saja kita lakukan bersama, yang penting mahasiswa USU ini harus mau bergerak maju,” tandasnya. Sementara itu, Wakil Rektor III USU Raja Bongsu Hutagalung, mengatakan, USU selalu berupaya mendorong mahasiswa agar siap pakai bagi masyarakat, baik lewat pendidikan maupun kewirausahaan.

Bongsu mengaku bangga karena mahasiswa USU tahun ini berhasil merebut gelar juara pertama wirausaha muda di Jakarta. “Meskipun jurusan farmasi, mahasiswa kita itu sudah seperti dokter. Bisa mengobati diabetes dengan kolagit. Sebelumnya hanya mahasiswa dari keluarga dengan ekonomi biasa,

sekarang mahasiswa kita itu sudah berkembang secara ekonomi dan dia pun sudah mandiri. Mahasiswa kami di sini, kalian semua, juga harus bisa mengembangkan diri lewat berwirausaha. Tawaran Pak HT soal MoU akan kami sampaikan ke pak rektor untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Bantuan Biaya Pendidikan

Selain mendapat kuliah umum, sebanyak 20 mahasiswa USU terpilih menjadi penerima bantuan biaya pendidikan (BBP) dari MNC Group. Bantuan ini diserahkan secara simbolis HT disaksikan Raja Bongsu Hutagalung. Sebanyak 10 mahasiswa hadir menerima bantuan itu secara simbolis. Mereka adalah Arini Sulastiwi (Fakultas Hukum), Purnama Sari Sitorus (Fakultas Pertanian),

Muhammad Arif (Fakultas Teknik), Citra Lutfiana (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Indah Amani (Fakultas Kesehatan Masyarakat), Rahma Isnaini Masya (Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi), Shinta A Zein (Fakultas Ilmu Budaya), Widya Nazri Afrida (Fakultas MIPA), Laila Rahmi (Fisip), dan Yunisyah Wahyuningsih (Fakultas Keperawatan). Seusai menyerahkan bantuan, HT tiba-tiba mengundang kehebohan para mahasiswa.

Pasalnya, HT secara spontan menambah jumlah penerima BBP dari 20 orang menjadi 30 orang. Awalnya, penerima yang disiapkan panitia memang hanya untuk 20 orang. Tetapi, karena HT telat datang ke Auditorium USU, HT menambah jumlahnya. “Sebagai hukuman bagi saya karena telat, saya tambah 10 orang. Jadi total penerimanya ada 30 orang. Saya harap Pak Wakil Rektor bisa membantu mencarikan mahasiswa yang tepat untuk menerima bantuan ini nantinya,” bebernya.

Mendengar itu, ribuan mahasiswa pun lantas bertepuk tangan dan bersorak. HT mengatakan, bantuan biaya pendidikan ini merupakan bagian dari bentuk kepedulian dan motivasi MNC Group kepada mahasiswa yang memang layak mendapatkannya. “Indikatornya berprestasi dan membutuhkan. Saya harap dukungan kami ini bisa bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa yang menerimanya,” pungkas HT.

Fakhrur rozi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)