Bursa Kerja Dipadati Ribuan Pengunjung

Rabu, 10 Juni 2015 - 10:19 WIB
Bursa Kerja Dipadati Ribuan Pengunjung
Bursa Kerja Dipadati Ribuan Pengunjung
A A A
YOGYAKARTA - Job fair atau bursa kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Selasa (9/6) hingga Kamis (11/6) diminati oleh ribuan pencari kerja.

Stanstan perusahaan yang menjadi peserta bursa kerja di Gedung Mandala Bakti Wanitatama dipadati para pencari kerja. Kasie Pembinaan Kelembagaan Penempatan dan Pasar Kerja Disnakertrans DIY Dwi Santosa mengungkapkan, seperti penyelenggaraan bursa kerja pertama sebelum-sebelumnya, jumlah pengunjung terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Diperkirakan puncaknya akan terjadi pada hari terakhir, karena di hari tersebut biasanya para pencari kerja telah membuat keputusan untuk melamar di perusahaan mana dengan posisi sesuai yang diinginkan. “Keberadaan bursa kerja ini sangat membantu pencari kerja. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya kami untuk mengumpulkan data pencari kerja. Data tersebut akan berguna di masa mendatang jika ada perusahaan-perusahaan yang biasanya mencari tenaga kerja,” ujar Dwi di sela-sela bursa kerja, kemarin.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari setiap pengunjungbursakerja, sebagianpencari kerjaternyataberpendidikan sarjana (S-1). Bahkan dari total pencari kerja yang mengisi formulir, 60% merupakan sarjana. Hal ini menunjukkan bahwa sarjana yang menjadi pengangguran ternyata cukup besar, kemungkinan lebih besar dari golongan pendidikan lainnya.

Melalui data tersebut, setidaknya Disnakertrans DIY bisa membuat program pengurangan pengangguran sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Apakah nantinya akan ada pelatihan khusus terkait dengan penciptaan lapangan kerja ataupun memberikan bekal kepada setiap pencari kerja yang ingin memasuki dunia kerja. Berdasarkan pantauan dari media ini, beberapa lowongan masih menjadi favorit pencari kerja dalam bursa ini.

Seperti lowongan yang ditawarkan oleh beberapa bank, nampaknya menjadi incaran para pencari kerja. Seperti di stan Bank BTPN, memasuki hari pertama kemarin, lebih dari 100 lamaran sudah masuk ke mereka. Penjaga Stan Bank BTPN, Eko menyebutkan, hingga hari ketiga kemarin, jumlah lamaran yang diterima memang baru sedikit. Biasanya akan melonjak di hari terakhir, karena para pencari kerja sudah mulai menentukan sikap untuk melamar posisi apa yang sesuai dengan keinginannya.

“Kami menawarkan beberapa posisi seperti marketing di area Regional Solo yaitu Yogyakarta dan sekitarnya,” katanya. Di bursa kerja seperti ini, lanjut Eko, pihaknya memang hanya sebatas menerima berkas lamaran dan akan diseleksi di kemudian hari. Jika masuk dalam kategori, maka Bank BTPN akan melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan untuk tes tertulis dan wawancara.

Erfanto linangkung
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4602 seconds (0.1#10.140)