Jelang Pernikahan, Gibran-Selvi Semringah

Senin, 08 Juni 2015 - 09:33 WIB
Jelang Pernikahan, Gibran-Selvi Semringah
Jelang Pernikahan, Gibran-Selvi Semringah
A A A
SOLO - Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda kemarin muncul ke publik menjelang pernikahannya, 11 Juni mendatang.

Putra sulung Presiden Joko Widodo dan calon me nantunya tersebut terlihat diacara Kumbokarnan yang digelar di Kantor Katering Chilli di Jalan Pleret Utama Nomor 1 Kelurahan Banyuanyar, Keca mat an Banjarsari, Solo. Suasana hangat tampak terasa di acara Kumbokarnan atau rapat panitia di kantor katering yang se lama ini di geluti Gibran. Para pa nitia yang berjumlah sekitar 150 orang disuguhi menu ma kanan gempol pleret dan sate kere.

Menu makanan ber asal katering Chilli Pari, milik Gibran sendiri. Rapat dimulai sekitar pukul 12.00 WIB atau usai salat zu hur dan selesai sekitar pukul 14.00 WIB. Ha dir da lam ke sempatan itu, Presiden Jo ko Wi dodo, adik Gibran, Kaesang Pa ngarep. Ibun da Jokowi, Sudji at mi Noto mihar djo dan adik-adik Jokowi. Gibran tampak modis dengan memakai kaus, celana, dan sepatu semuanya warna hitam, dan terbalut jaket jeans warna biru.

Sedangkan calon istrinya, Selvi Ananda terlihat anggun de ngan pakaian batik dominasi war na biru tua kombinasi merah dan celana jeans warna biru pe kat. “Kumbokarnan hari ini kumpulkan panitia kira-kira gitu. Penjelasan tugas dan acaranya. Bahwa acara ini yang me - nyelenggarakan itu calon besannya Pak Jokowi. Pak Didit (orang tua Selvi) yang adakan mantu,” ungkap Setiawan prasetyo, 68, paman Presiden Jokowi usai Kumbokarnan, kemarin.

Dalam Kumbokarnan yang menghadirkan keluarga besar mempelai perempuan maupun laki-laki, dibahas mengenai prosesi acara. Mulai 9 Juni yang diawali dengan tembungan atau lamaran dari pihak laki-laki ke perempuan. Sehari kemudian digelar acara siraman pada pagi hari dan midodareni pada malam harinya. Sedangkan 11 Juni merupakan puncak acara pernikahan, mulai dari ijab kabul hingga menerima tamu. Pada 10 Juni, keluarga Jokowi siap menerima tamu yang ingin datang meski tidak diundang. Sedangkan pada 11 Juni khusus untuk tamu yang diundang. Sebelum nyadisela-sela acara, Gibran-Selvi sempat mem beri - kan keterangan pers seputar persiapan pernikahan.

“Sudah siap semuanya, tinggal nunggu hari H, tinggal jalan saja,” ungkap Gibran didampingi Selvi. Gibran menyebut bahwa saat resepsi, untuk pertama kali Martabak Kota Barat (Markabar) muncul sebagai katering. Dalam tiga jam, nantinya akan dibuat sebanyak 200 loyang. Markabar sendiri merupakan salah satu bisnis Gibran selain katering Chilli Pari. Seluruh menu untuk tamu, hampir seluruhnya akan ditangani sendiri oleh Chilli Pari.

Dalam prosesi pernikahan, Gibran mengaku tidak akan menggunakan mobil. Melainkan ja - lan kaki karena rumahnya dekat dengan lokasi resepsi di Gedung Graha Saba Buana di jalan Letjend Suprapto. Bahkan untuk acara lamaran dari rumah ke - diaman Jokowi di jalan Kutai Utara menuju rumah Selvi di jalan Kutai Raya juga akan jalan kaki. Namun demikian, saat resepsi kemungkinan Selvi akan dinaikkan kuda menuju kursi pelaminan. “Mungkin nanti yang naik kuda Selvi. Kalau saya jalan kaki,” ucapnya.

Sedangkan untuk dekorasi akan dikemas mengikuti pakem tradisional Jawa. Perlengkapan yang dipakai saat resepsi ratarata berasal dari vendor yang selama ini bekerja sama dengan katering Chilli Pari. Sedangkan jumlah porsi atau menu yang disajikan, sementara dia enggan menyebut dan para wartawan nanti akan diberi tahu.

Sementara usai acara Kumbokarnan, Presiden Joko Widodo dan anak ketiganya Kaesang Pangarep masuk ke dalam satu mobil dan meninggalkan lokasi acara dengan pengawalan ketat Pasmpamres. Sedangkan Gib ran dan Selvi masih di lokasi Kumbokarnan menyalami para tamu. Kedua calon mempelai nampak semringah dan ber bi nar binar menjelang acara per nikahan.

Salah satu panitia pernikahan Gibran-Selvi yang membidangi prosesi adat pernikah an, Mufti Rahardjo mengata kan, men jelang resepsi pernikahan diadakan rapat panitia atau dalam istilah Jawa acara Kumbokarnan.

Ary wahyu wibowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6245 seconds (0.1#10.140)