Hadapi Mudik Lebaran, Kaltim Tambah Angkutan Penumpang

Sabtu, 06 Juni 2015 - 11:15 WIB
Hadapi Mudik Lebaran, Kaltim Tambah Angkutan Penumpang
Hadapi Mudik Lebaran, Kaltim Tambah Angkutan Penumpang
A A A
SAMARINDA - Menghadapi arus mudik lebaran 2015, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bakal menambah jumlah angkutan dan lonjakan penumpang diprediksi akan meningkat dari tahun kemarin.

"Penambahan armada pasti kami lakukan dan dikoordinasikan dengan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, baik darat, udara dan laut. Apalagi, untuk transportasi darat, penambahan armada mulai minggu ini sudah dikoordinasikan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain, Sabtu (6/6/2015).

Selain dua perusahaan transportasi tersebut, Pemprov Kaltim juga akan menambahkan armada dari bus Damri. Penambahan bus Damri ini ditujukan untuk meminimalisir daerah yang lonjakan penumpangnya tinggi.

"Mengenai jumlahnya kami tidak bisa pastikan. Yang jelas, setiap perusahaan transportasi darat tersebut pasti melakukan penambahan setiap menjelang arus mudik lebaran. Begitu juga dengan BUMN Perhubungan Damri," sebutnya.

Untuk angkutan laut dan sungai, Pempov Kaltim juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan pelayaran, baik milik BUMN maupun milik swasta serta perorangan. Biasanya penambahan transportasi tersebut mencapai 2 hingga 3 unit kapal untuk transportasi perjalanan antar provinsi.

Begitu juga dengan transportasi udara, setiap tahun masing-masing maskapai penerbangan melakukan penambahan. Mulai dari Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya dan Citilink dipastikan melakukan penambahan.

"Koordinasi tersebut terus kami lakukan. Biasanya, untuk transportasi laut masing-masing perusahaan kapal menambah hingga tiga kapal. Kondisi ini biasa dilakukan jelang lebaran," ujarnya.

Lonjakan penumpang juga diharapkan dapat dipantau dari masing-masing pemerintah kabupaten dan kota di Kaltim, sehingga persentase lonjakan penumpang dapat diketahui.

"Setiap tahun pasti kami koordinasikan dengan pemerintah kabupaten/kota, melalui surat pemberitahuan yang disampaikan ke Dinas Perhubungan kabupaten/kota se-Kaltim," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5401 seconds (0.1#10.140)