Tol Cikapali Belum Siap Diresmikan

Sabtu, 06 Juni 2015 - 09:48 WIB
Tol Cikapali Belum Siap Diresmikan
Tol Cikapali Belum Siap Diresmikan
A A A
PURWAKARTA - Pemerintah sepertinya overconvidence atau terlalu percaya diri dengan menyatakan tol Cikopo-Palimanan (Cikapali) sudah bisa dioperasikan sebelum Ramadan.

Fakta di lapangan me nun jukkan banyak infrastruktur tol yang masih dalam tahap penger jaan. Bahkan, ke mungkinan besar belum selesai saat dires mikan Presiden RI Joko Widodo, Rabu (10/6) mendatang, seperti fasilitas rest area. Konstruksi di jalur bebas ham batan sendiri diklaim 99% selesai. Namun, jika pertengahan bulan ini, jalur tol trans-Jawa itu mulai di operasikan, tampaknya pengendara yang melintas harus ekstra hatihati.

Selain itu, harus mem persiap kan bekal konsumsi. Sebab, fasilitas rest area di Tol sepanjang 116,75 kilometer itu belum bisa di fungsikan dalam waktu dekat. Dari pantauan KORAN SINDO, pembangunan rest area di sepanjang jalur tol itu sebagian besar masih tahap awal konstruksi. Terutama dua rest area di kilometer 86+800. Beberapa p kerja mengakui, proses pembangunan rest areatidak mungkin selesai dalam waktu sa tu bulan ke depan.

Untuk itu, bagi pengendara yang nanti melintasi tol tersebut, sebaiknya mempersiapkan ba han bakar ekstra karena tak menutup kemungkinan tidak ada fasilitas SPBU. “Pem bangunan rest area masih proses. Ya tidak mungkin se lesai dalam wak tu 15 hari, bahkan satu bulan juga kayaknya lebih. Tidak akan selesai,” ujar Imam,37, salah seorang pekerja di rest area ki lometer 87+800 Tol Cikapali, kemarin.

Pem bangunan Tol Cipkapali sudah memasuki tahap akhir dan tinggal menyelesaikan pembangunan jembatan Ciherang di wilayah Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta. Pelaksana Sub kontraktor PT Lancar Jaya Mandiri Abadi (LJMA) Gito menjelaskan, pekerjaan jembatan Ciherang dengan panjang 200 meter itu, tinggal tahap pengaspalan dan 90% akan selesai. “Proyeknya di targetkan selesai 7 Juni 2015, un tuk kemudian diresmikan 10 juni 2015 nanti,” jelasnya.

Selain jembatan, pengerjaan lain yang saat ini masih da lam tahap penyelesaian adalah pemasangan rambu-rambu, mar ka jalan, dan juga lampu penerang jalan, yang sebagian su dah ter pasang. Adapun untuk pengecoran dan pengaspalan ruas jalan hampir 100% selesai. “Untuk pengecor an tinggal menunggu proses waktu hing ga coran betul-betul kering. Sebaik nya jangan dulu dilintasi sebelum usia cor sempurna,” tambahnya.

Sementara itu, diketahui sebelumnya Tol Cikapali yang akan membelah wilayah Kabupaten Purwakarta-Subang- Ind ramayu-Majalengka dan Cirebon ini akan mulai diuji kelayakan operasinya setelah diresmikan pekan depan. Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Azis Syarifudin mengatakan, rencananya Tol Cikapali akan digunakan masya akat pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Jika sudah dioperaskan, diprediksi keberadaan Tol Cikapali akan mengurai 50% kemacetan di jalur pantura. “Jarak tempuh Purwakarta- Cirebon menggunakan tol Cikapali akan cukup singkat, bisa di tempuh dengan waktu kurang da ri 2 jam dengan kecepatan se kitar 100 km/jam,” paparnya.

Proyek jalan Tol Cikapali me ru pakan bagian dari megapro yek Jalan Tol Trans-Jawa yang mulai dibangun 2013. Jalan tol ini dapat memangkas waktu perjalanan di ruas pantai utara Jawa, terutama arus lalu lintas saat mudik Lebaran.

Didin jalaludin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5640 seconds (0.1#10.140)
pixels