Lapak Darurat Jalan Agus Salim Gelap

Jum'at, 05 Juni 2015 - 08:50 WIB
Lapak Darurat Jalan Agus Salim Gelap
Lapak Darurat Jalan Agus Salim Gelap
A A A
SEMARANG - Lapak sementara milik pedagang Pasar Johar di Jalan Agus Salim Kota Semarang cukup memprihatinkan.

Kondisinya gelaptanpaadapenerangan memadai lantaran tidak ada fasilitas listrik yang diberikan pemerintah kota (pemkot). “Kami sudah membangun lapak dengan biaya sendiri untuk membeli kayu, seng, terpal, dan lainnya. Sudah jutaan rupiah kami keluarkan. Karena itu untuk listrik, kami mohon dibantu,” kata Mutiyah, salah seorang pedagang dalam pertemuan dengan Ketua DPRD Kota Semarang HA Supriyadi di Kauman, Rabu (3/6) malam.

Selama ini para pedagang cukup kesusahan untuk mendapatkan aliran listrik. Mereka tidak tahu harus mengambil sumber listrik dari jaringan yang mana. Karena itu, dia berharap pemkot sebagai pemilik kewenangan dan kebijakan turun tangan. Haryanto, pedaganglain, juga mengatakan hal sama. Menurutnya, kondisi lapak sementara di pasar darurat di Jalan Agus Salim sangat butuh penerangan.

Deretan ratusan lapak hanya terdapat sedikit jalan masuk sebagai ventilasi sehingga di dalam cukup gelap. “Pedagang barang tertentu juga harus menggunakan penerangan lampu. Karena itu kebutuhan penerangan lampu itu sangat mendesak,” ujarnya. Mendengar keluhan tersebut, HA Supriyadi menyarankan para pedagang sementara swadaya dulu untuk membeli genset.

“Sambil nanti, silakan membuat proposal untuk pengadaan jaringan listrik di anggaran (APBD) perubahan. Kami sarankan pengajuan oleh PPJP (paguyuban pedagang dan jasa pasar) yang sudah berbadan hukum,” papar Haryanto. Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko mengaskan pihaknya akan mengkaji kebutuhan para pedagang terhadap fasilitas listrik dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Mengenai fasilitas penerangan di sepanjang Jalan Agus Salim saat ini sudah diberikan. “Hari ini (kemarin) kami juga sudah diberikan fasilitas penerangan sepanjang Jalan Agus Salim,” ujarnya.

M abduh
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1410 seconds (0.1#10.140)