Belasan Gelandangan Diamankan Pol PP Subang

Kamis, 04 Juni 2015 - 13:28 WIB
Belasan Gelandangan Diamankan Pol PP Subang
Belasan Gelandangan Diamankan Pol PP Subang
A A A
SUBANG - Belasan gelandangan yang berkeliaran di kawasan perkotaan Subang digaruk Satpol PP. Para gelandangan yang berjumlah 12 tersebut kemudian didata dan dibina.

Dari 12 gepeng tersebut, empat diantaranya pasangan suami istri yang merupakan warga Blok Kebon Cau dan Sukaasih, Kelurahan Karang Anyar, Subang. Adapun sisanya merupakan anak-anak dan remaja.

Kasat Pol PP Subang Asep menyebut, belasan gepeng itu berasal dari sejumlah daerah di Jawa Barat, diantaranya dua orang dari Lembang dan Cililin Kabupaten Bandung Barat, satu orang dari Bongas Kabupaten Indramayu, dan sembilan orang dari beberapa daerah di Subang.

"Setelah didata dan diberi pengarahan, mereka selanjutnya kami serahkan ke pihak Dinas Sosial, untuk dikirim mengikuti pembinaan lanjutan dibeberapa penampungan tersebar di Jawa Barat. Pembinaan harus serius supaya mereka tidak kembali lagi ke jalanan," tutur Asep.

Kasi Pemulihan Penyakit Sosial Dinas Sosial Subang Dedi Ruhaedi, mengatakan, belasan gepeng itu akan segera dikirim ke sejumlah penampungan di Jawa Barat untuk menjalani pembinaan. Diantaranya penampungan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Cimahi dan Cileungsi Bogor.

"Sebab sampai sekarang, Subang belum punya penampungan. Makanya, belasan gepeng ini kami kirim ke panti-panti di luar Subang," ucapnya.

Setiap tahun, kata dia, jumlah gepeng dan anak jalanan di Subang terus bertambah. Kemunculan mereka dilatarbelakangi berbagai faktor, mulai dari ekonomi, putus sekolah, hingga mengalami broken home atau permasalahan dalam keluarga.

"Misalnya, terlalu banyak aturan yang diterapkan orangtua dalam keluarga, sehingga anak-anak ini merasa terkungkung. Mereka ingin bebas dan akhirnya menyalurkannya di jalanan," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6794 seconds (0.1#10.140)