Panitia Sediakan Media Center dan Kain Batik

Minggu, 31 Mei 2015 - 12:32 WIB
Panitia Sediakan Media Center dan Kain Batik
Panitia Sediakan Media Center dan Kain Batik
A A A
SOLO - Keluarga Presiden Joko Widodo kemarin mulai membuka media center jelang pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Media center nantinya dipakai awak media yang meliput rangkaian prosesi pernikahan anak pertama Presiden tersebut yang mulai berlangsung 9-11 Juni mendatang. Koordinator Media Center, Wirinto mengemukakan, para wartawan yang nantinya meliput nantinya diminta mendaftar ke Korem Warastratama Surakarta. Setiap wartawan akan diminta mengumpulkan pasfoto ukuran 4X6 sebanyak lima lembar. Foto akan digunakan untuk pembuatan ID card peliputan bagi pers.

“ID card setiap prosesi acara beda. Seperti saat akad nikah dengan resepsi tidak sama,” kata Wirinto di media center, kemarin. Informasi mengenaikapanpendaftaran di Korem Surakarta akan diumumkan di media center. Proses pemberian ID card nantinya yang mengatur dari Korem. Apakah diberikan sekaligus, atau diberikan bertahap dengan cara ditukar yang baru saat rangkaian acara selesai.

Media center sengaja dibuka keluarga Presiden Jokowi untuk membantu kepentingan media dalam mengirim berita. Informasi mengenai agenda acara, berbagai pernak pernik pernikahan nantinya akan ditempelkan di media center. Di media center juga telah disiapkan lima unit komputer serta wi-fi dengan kecepatan sesuai standar media informasi atau minimal 20 megabite. Media center terletak di di Jalan Letjend Suprapto Nomor 93 Solo atau berjarak sekitar 100 meter dari Gedung Graha Saba Buana, tempat lokasinya resepsi pernikahan anak Presiden.

Selama dibuka, para wartawan dipersilakan untuk mengirimkan berita atau foto di media center. Dia menyediakan konsumsi, di antaranya berbagai macam makanan ringan, minuman, seperti kopi teh, dan kopi. “Nanti silakan buat sendiri. Kami menyiapkan dispenser, gula, dan perlengkapan pendukung lainnya,” ucapnya.

Dengan ID card yang nantinya diberikan, pers diharapkan dapat leluasa melakukan peliputan. Namun untuk kawasan ring satu atau di lokasi paling dekat dengan prosesi, nantinya yang mengatur dari Paspampres. Selain menyediakan media center, keluarga Presiden Joko Widodo juga memberikan baju batik khusus untuk liputan. Pakaian batik produk Danar Hadi Solo berwarna dasar krem dengan motif batik warna coklat.

Tercatat sudah mendaftar 200 awak media yang telah mendaftar. Selain dari Solo, mereka juga berasal dari Yogyakarta dan Jakarta. “Untuk sementara telah disediakan 150 potong kain batik,” ucapnya. Khusus wartawan perempuan, diberikan dalam bentuk kain potong berikut ongkos jahitnya. Sehingga wartawan perempuan dipersilahkan untuk menjahitkan sendiri. Pihaknya memperkirakan awak media yang meliput mencapai 250 orang dengan asumsi setiap media mengirimkan lima personel. Pihaknya hanya mengurusi media center dan jadwal kegiatan.

Namun untuk rangkaian prosesi acara dimungkinkan ada juru bicara tersendiri. Staf rumah tangga Media Center, Joko menambahkan, rumah bertingkat yang dipakai untuk media center sengaja disewa untuk kepentingan wartawan dalam meliput.

Di media center disiapkan banyak kursi dan meja agar wartawan lebih nyaman saat mengetik atau mengirim gambar rekaman dan foto. “Nanti untuk pers hanya dilantai dasar. Untuk lantai atas hanya diperuntukkan bagi staf,” ungkap Joko.

Ary wahyu wibowo/ arief setiadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8540 seconds (0.1#10.140)
pixels