Daki Gunung Merbabu 6 Pramuka Tersesat

Jum'at, 29 Mei 2015 - 19:08 WIB
Daki Gunung Merbabu 6 Pramuka Tersesat
Daki Gunung Merbabu 6 Pramuka Tersesat
A A A
BOYOLALI - Tim SAR menemukan enam pendaki dari Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) yang sempat tersesat di Gunung Merbabu.

Para pendaki tersebut berhasil dievakuasi sampai di base camp Pendakian Merbabu di Kecamatan Selo, Boyolali, Jumat (29/5/2015).

Komandan SAR Boyolali Kurniawan Fajar Prasetyo mengatakan, enam pramuka yang tersesat ditemukan berada di bawah kawasan Batu Tulis.

Mereka bergeser 1.000 meter dari jalur pendakian. Tim SAR berhasil menemukan mereka Kamis malam, 28 Mei 2015 sekitar pukul 23.45 WIB. Mereka berhasil dievakuasi ke bawah Jumat dinihari (29/5/2015) sekitar pukul 03.00 WIB.

Para pendaki yang tersesat bernama Rizki, Mugni, Ahmad, Danang, Wahyu, dan Azis. Mereka merupakan anggota Ubaloka dari Kecamatan Simo, Boyolali.

Salah satu pendaki, Ahmad dalam kondisi lemas. Mereka sebelumnya naik ke Gunung Merbabu, Rabu malam 27 Mei sekitar pukul 19.05 WIB.

Pada malam berikutnya, Riski salah satu pendaki menghubungi basecamp pendakian sekitar 20.00 WIB dan beritahu bahwa rombongannya tersesat.

“Malam itu juga tim SAR naik ke Merbabu untuk melakukan pencarian,” kata Kurniawan Fajar Prasetyo, Jumat (29/5/2015).

Proses evakuasi berjalan lancar karena mereka sangat kooperatif. Ketika masih bisa melakukan kontak melalui telepon seluler, tim SAR meminta mereka untuk bertahan di lokasi terakhir dan tidak berpindah tempat.

“Semuanya dalam kondisi sehat karena logistik yang dibawa masih mencukupi. Hanya satu orang yang kondisinya sakit,” timpalnya.

Belakangan mereka diketahui pernah mendapatkan pendidikan dari dari SAR Boyolali menjadi SAR Pramuka. Namun diakui, mereka masih pemula sebagai pendaki gunung.

Saat langit gelap dan jalur buntu, mereka ketakutan dan menghubungi base camp pendakian Merbabu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2896 seconds (0.1#10.140)