Persib Bandung Tersingkir

Kamis, 28 Mei 2015 - 10:43 WIB
Persib Bandung Tersingkir
Persib Bandung Tersingkir
A A A
BANDUNG - Pupus sudah harapan Persib Bandung untuk menembus babak 8 besar AFC Cup 2015. Maung Bandung di tumbangkan di babak 16 besar oleh wakil Hongkong, Kitchee SC, dengan skor akhir 0-2 di Stadion si Jalak Harupat, kemarin.

Dua gol Kitchee SC masingmasing berhasil disarangkan Juan Carlos Rodriguez Belencoso di menit ke-32 dan Lam Ka Wai di menit ke-44. Pelatih Persib Bandung Emral Bin Bustamam mengatakan, kekalahan ini patut diterima sebab kualitas lawan memang jauh lebih bagus ketimbang para pemainnya. Meski sudah memborbardir pertahanan la wan, namun pasukan Maung Ban dung tak mampu me nem bus nya sehingga dua gol yang bersarang di gawang I Made Wirawan tak mampu dibalas para pemain.

“Sebetulnya pertandingan kedua tim berjalan bagus. Cuma hasil tidak bagus untuk kami. Babak pertama kami keco long an lewat crossing, tambah lagi dari bola mati, bola rebound. Ba bak kedua strategi kami ubah, kalah banyak sama saja, jadi kami berusaha im bangi dan ka lau bisa menang, tapi hasilnya tetap sama,” kata Emral saat di temui seusai per tan - dingan.

Emral pun me nyata kan salut kepada Kitchee SC. Sebab Kitchee berhasil mengalahkan ambisi Persib untuk menembus ba bak 8 besar AFC Cup 2015. “Salut dengan Kitchee. Mereka tim bagus. Setiap menang bola, mereka cepat spray out, kalah bola langsung antisipasi celah yang ada untuk re but lagi bola. Nomor 9 (Belencoso) juga dia punya fisik dan pengertian bola bagus, kalah bola langsung press. Pantas lah memenangkan pertandingan kali ini,” ujar dia.

Emral mengemukakan, kekalahan yang dialami Persib bu kan karena absennya Vladimir Vu jovic yang kerap tam pil ci amik mela kukan perannya di lini perta hanan Maung Ban dung. “Bagi kami yang main sama saja, hanya tim lawan le bih pede (percaya diri). Kami hanya punya satu asing di pertandingan tadi, si (Konate) Makan saja. Itu mungkin yang buat mereka unggul,” tutur Emral.

“Itulah sepakbola, kalau gagal harus ganti strategi. Dari awal kami katakan main jangan main bola atas akan percuma karena postur yang berbeda. Tapi ya itulah sepak bola,” tandas dia. Pelatih Kitchee SC Jose Fran cisco Molina Jimenez mengatakan, senang dengan kemenangan yang telah diraih para pemainnya. Kemenangan itu menjadi kado manis terakhir bagi dia yang segera hengkang meninggalkan Kitchee SC.

“Kami melakukan strategi yang tepat di babak pertama, kami tahu Persib akan main terbuka, dan melakukan banyak ball possesion. Kami bermain bagus, menyerang dengan bagus, dan mencetak gol. Babak kedua banyak tekanan dari Persib, lebih sulit tapi konsentrasi kami bagus di pertahanan,” kata Jose.

Dari awal, Jose mengaku telah menginstruksikan para pemainnya untuk tampil menekan. Terbukti di babak pertama para pemain mampu menjebloskan dua gol ke gawang Persib. “Kami mencoba menekan Persib, mencoba tidak membiarkan mereka menguasai bola. Di awal babak kedua juga melakukan hal sama, hanya kami tidak menekan mereka karena kelelahan. Jadi kami fokus di per tahanan. Saya pikir ada perbe daan di dua babak, tapi keduanya tetap berjalan baik. Itu membuat kami lolos ke perempatfinal,” ungkap dia.

Man of the match

Pada laga tersebut, salah satu pemain asing Kitchee SC, Juan Carlos Rodriguez Belencoso mendapatkan gelar sebagai man of the match alias pemain terbaik. Juan terpilih lantar an penampilannya sangat baik hingga berakhirnya pertandingan. Bahkan Juan berhasil menyumbangkan satu dari dua gol di laga tersebut.

“Ini pertandingan yang sulit bagi kami, Persib bermain bagus, main cepat. Penyerang mereka juga punya kecepatan yang baik. Tapi kami bermain lebih bagus, terutama konsisten di lini pertahanan,” kata Juan. “Kami bermain disiplin hingga akhinya bisa mencetak gol, itu penting buat kami. Senang saya bisa bawa tim lolos ke babak berikutnya. Selanjutnya kami akan melakukan ke perempatfinal,” tandas dia.

Jalannya Pertandingan

Sejak babak pertama, Pelatih Persib Bandung Emral langsung menurunkan pemain terbaik dengan formasi andalan 4- 2-3-1. I Made Wirawan (PG), Abdul Rahman, Ahmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Tony Sucipto (b), Hariono, Firman Utina, Makan Konate, M Ridwan, Atep (t), dan Tantan (d).

Sedangkan Kicthee menggunakan formasi 4-3-3 dengan pemain Wang Zhenpeng (PG), Fernando Recio Comi, Lo Kwan Yee, Cheung Kin Fung, Kim Taemin (b), Lam Ka Wai, Huang Yang, Wan Chun (t), Xu Des huai, Juan Carlos Rodriguez Belen - coso, dan Christian Kwesi (d).

Sejak peluit dibunyikan, Persib Bandung langsung tampil menyerang. Sayang saat hen - dak menggebrak pertahanan lawan, posisi Supardi sudah dalam keadaan offside. Menit ke-4, Kicthee SC mendapatkan pe luang lewat sepak pojok. Beruntung proses yang dilakukan tidak mengancam gawang I Made Wirawan. Menit ke-7, Kitchee SC mencoba mengancam gawang Persib. Namun bola plessing yang dilakukan Xu Deshuai masih mem bentur tiang gawang Persib.

Hingga memasuki menit ke-10, Persib Bandung masuh kesulitan menembus tembok pertahanan Kitchee SC. Beberapa upaya dilakukan baik dari sektor sayap kanan, kiri maupun tengah. Sebaliknya, Kitchee cukup baik melakukan counter attack. Terbukti di menit 14, mereka kem bali mengancam. Beruntung sepakan Wan Chun usai memanfaatkan umpan silang dari sektor kiri masih menyamping di mulut gawang Persib.

Persib Bandung menda pat kan peluang dari tembakan bebas di menit 16, setelah Supardi dijatuhkan lawan. Sayang, tendangan yang dilakukan Achmad Jufriyanto masih bisa ditangkap kiper Wang Zhenpeng. Memasuki menit 20, permainan mulai memanas. Wasit pertandingan yakni Dmitrii Mashentsev terpaksa membunyikan beberapa kali peluit lantar an terjadi pelanggaran.

Menit 25, salah satu pemain Kitchee Christian Kwesi berhasil menjebol gawang Persib. Namun gol tersebut dianulir wasit pertandingan lantaran posisi pemain bernomor punggung 15 itu sudah lebih dulu offside. Petaka di menit 32, gawang I Made Wirawan mengalami kebobolan, setelah sundulan Juan Carlos usai memanfaatkan cros sing Lo Kwan Yee merobek jala gawang Persib.

Kedudukan sementara 0-1 untuk Kitchee. Per sib Bandung mencoba mem balas. Sayang shooting keras Supardi dari luar kotal penalti ma sih terselamatkan mistar ga wang kanan Wang Zhenpeng. Menit 44, gawang I Made Wirawan kembali mengalami ke bobolan. Kali ini gol kedua Kitchee dicetak Lam Ka Wai, usai memanfaatkan bola rebound dari tendangan bebas yang gagal dilakukan Cheung Kin Fung.

Bola yang dilesatkan pemain nomor punggung 10 ini keras menyusur tanah tanpa mam pu dihalau kiper I Made Wi rawan. Skor sementara ber ubah 0-2 untuk Kitchee. Hingga peluit dibunyikan tidak ada gol tercipta. Kitchee unggul sementara 0-2 dari tuan rumah Persib Bandung. Memasuki babak kedua, Persib Bandung mencoba mela kukan perubahan pemain dengan memasukkan Dedi Kusnandar dan menarik keluar Firman Utina.

Menit 47, peluang pertama Persib didapatkan dari sepak pojok. Namun kokohnya ben - teng pertahanan lawan masih belum dapat ditembus pasukan Maung Bandung. Persib Bandung terus me nekan pertahanan Persib. Namun beberapa kali sepak pojok tak manfaatkan baik dengan sempurna. Hingga memasuki menit 60 gempuran terus dilakukan Persib Bandung.

Lagi-lagi penye lesai an akhir yang buruk masih menimpa klub asal Jawa Barat ini. Menit 63, Kitchee SC me laku kan pergantian pemain, Ngan Loj Fung masuk menggan tikan Wan Chun. Selang tiga menit giliran Persib yang melakukan pergantian pemain. Taufiq masuk menggantikan Hariono. Sementara pergantian Atep dilakukan di menit 73 dengan memasukkan Dias Angga Putra.

Keasikan menyerang, per ahan an Persib kedodoran. Beruntung, sepakan keras Xu Des huai di menit 77 masih menyam ping di mulut gawang Persib. Tak lama Kitchee melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Cheung Kwok Ming menarik keluar Christian Kwesi. 10 menit sebelum laga usai, Persib terus menggempur perta hanan Kitchee. Namun tembok pertahanan yang kuat masih belum dapat dijebol pasukan Maung Bandung.

Di menit 86, gawang Persib hampir saja kebobolan lagi. Beruntung sepa kan keras Cheung Kin Fung masih mem bentur tiang gawang Made. Perjuangan terus dila kukan Persib. Namun hingga peluit panjang dibunyikan tak ada lagi gol tercipta.

Muhammad ginanjar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8557 seconds (0.1#10.140)