Buka Kelas Pendidikan di Starban

Rabu, 27 Mei 2015 - 10:13 WIB
Buka Kelas Pendidikan di Starban
Buka Kelas Pendidikan di Starban
A A A
MEDAN - Melalui gerakan mengajar, Komunitas Aksi Indonesia Muda Medan terus berkontribusi di tengah masyarakat.

Aksi Indonesia Muda Medan ini didirikan Martin Rambe, mahasiswa Universitas Sumatera Utara pada 2014 lalu. Martin bersama anak-anak muda di Kota Medan menyatukan tekadnya dalam rangka memberi hal-hal positif untuk masyarakat luas. Komunitas ini juga mengampanyekan cinta Tanah Air. Di tengah arus modernisasi dan westernisasi, Aksi Indonesia Muda berusaha mempertahankan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Aksi Indonesia Muda membuka tempat mengajar di Starban. Anak-anak yang ikut dalam kelas ini adalah mereka yang kesehariannya memulung dan mengamen. “Bukan hal yang mudah awalnya untuk mengajak mereka. Tetapi dengan perjuangan yang keras, akhirnya timbul kesadaran akan pentingnya pendidikan. Melalui gerakan mengajar ini, Aksi Indonesia Muda Medan memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa,” ungkap Key Publisher Mahasiswa USU, Theresia Purba.

Kata Theresia, anak muda Indonesia telah banyak berperan untuk Tanah Air, yang dimulai sejak masa penjajahan. Banyak kalangan muda ikut berperang langsung mengusir penjajah. Keberadaan mereka juga berpengaruh ketika masa reformasi. “Sayangnya saat ini anak muda seperti apatis terhadap keadaan yang ada. Padahal, banyak kontribusi yang bisa diberikan untuk kemajuan bangsa,” katanya.

Aksi Indonesia Muda tersebar di seluruh Indonesia dengan satu kerinduan, yaitu membawa perubahan Indonesia menjadi lebih baik melalui semangat nasionalisme. Aksi Indonesia Muda Medan ingin membuktikan bahwa untuk mengubah bangsa tidak harus dengan hal fantastis, tetapi bisa dimulai dari hal kecil.

Salah satunya melakukan pengajaran untuk warga Starban, Medan. Di daerah ini, sebagian besar warganya berprofesi sebagai pemulung, sehingga pendidikan menjadi sesuatu yang penting bagi mereka.

Pengirim Berita Theresia Purba Key
Publisher Mahasiswa USU
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6518 seconds (0.1#10.140)