Lift Pasar 16 Sudah Dipesan

Senin, 25 Mei 2015 - 10:43 WIB
Lift Pasar 16 Sudah Dipesan
Lift Pasar 16 Sudah Dipesan
A A A
PALEMBANG - Pengelolaan bangunan Pasar 16 Palembang akhirnya resmi berpindah tangan. PT Gandha Tahta Prima (PT GTP) menyatakan, sudah mengantongi izin mengelola pasar favorit di tengah pusat Kota Palembang tersebut. Hal itu diungkapkan, Pimpinan PT GTP Febriansyah saat dikonfirmasikan kemarin.

Ia memastikan, pihaknya sudah mulai melakukan pengerjaan perbaikan pasar pada pekan depan, se - bagai tindak lanjut atas ke se pa - katan yang terjalin antara pe me - rintah dan pihaknya. Proses per - baikan (revitalisasi), bangunan Pasar 16 Palembang di pas ti kan akan berlangsung ber ta hap.

“Sudah disetujui kok, dari pemkot. Sistem ke sepakatan - nya, ada dua yakni Build Operate and Transfer(BOT) dan Kerja Sa - ma Operasional (KSO). Ini ma lah sudah mulai akan me la ku kan pe - kerjaan, material su dah masuk minggu depan,” ung kapnya. Ia mengatakan, memang di - butuhkan banyak biaya yang diperlu kan untuk mengubah Pa - sar 16 Palembang menjadi lebih representatif atau pilot project pa sar di Kota Palembang.

Kare na selama ini pun, kerusakan ba ngunan plafon yang sudah mu lai bocor hingga instalasi lis - trik yang cukup bermasalah. “Bertahap dulu, anggaran Rp25 miliar itu untuk 20 tahun ke depan. Sesuai kesepakatan ju ga dengan pemerintah,” sam - bungnya. Beberapa perbaikan yang akan dilakukan pada tahun ini, ka ta Febriansyah, yakni dengan mem bangunan bagian pasar yang sudah cukup parah me nga - la mi kerusakan.

Misalnya, mem perbaiki lokasi atau titiktitik terparah di lantai atas dan basement hingga mengaktifkan penggunaan lift bagi p e ngun - jung. Ia mengatakan, selama ini pun, saat pengelolaan berganti tangan, pedagang me nge luh - kan tidak dilakukan perbaikan pada bangunan pasar.

“Sekarang, kita coba lakukan ber tahap. Mana yang di keluh - kan, misalnya kebersihan, ban - jir hingga lift mati itu. Liftnya saja udah dipesan,” akunya. Ia berharap, pembangunan pasar dengan pengelolaan yang ba ru akan berdampak bagi pe da - gang dan pendapatan da erah. Dalam pemindahan ta ngan ini, PT GTP akan melakukan pendataan ulang pedagang. Hal ini bertujuan untuk mener tibkan kepemilikan Hak Guna Ba ngun - an (HGB) yang rata-rata akan berakhir pada tahun de pan.

“Perbaikan pasar, juga tidak akan mengganggu pedagang. Nantinya juga pedagang lama juga prioritas yang akan men - dapat kan HGU baru, karena itu harus didata lagi,” katanya. Selain Pasar 16 Palembang, Febriansyah menyatakan, pi - hak nya juga menjadi pengelola Pasar Kuto Palembang. Saat ini pa sar tersebut juga akan di laku - kan perbaikan terutama bagian atap.

Untuk kedua pasar ter - sebut, ia mengatakan, me mang harus dilakukan pro ses per - baik an karena kondisi ba ngun - an sudah cukup banyak yang ru - sak. “MoU-nya juga pada Pasar Kuto,” tandas ia. Yulia, 31, seorang pe ngun - jung Pasar 16 Palembang me - nga ta kan, pihak pengelola pas - ar juga harus memberikan ba - nyak pelayanan pada pe ngun - jung.

Misalnya, keamanan, dan ketertiban lokasi parkir. Karena selama ini, pengunjung sering kesulitan akses parkir akibat padatnya pedagang di bagian depan bangunan Pasar 16. “Se - benarnya pasarnya bagus, ka - rena parkir cukup jauh, jadinya sering enggan ke sini.

Tapi jika memang dijanjikan diperbaiki karena pindah pengelola, itu juga lebih bagus,” tandasnya.

Tasmalinda
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5155 seconds (0.1#10.140)