Ke Belarusia Lebih Penting

Sabtu, 16 Mei 2015 - 10:59 WIB
Ke Belarusia Lebih Penting
Ke Belarusia Lebih Penting
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumsel Alex Noerdin tidak menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Sumsel dengan agenda memperingati HUT ke- 69 Sumsel, kemarin.

Alex pada saat yang bersamaan berada di Republik Belarusia, menghadiri undangan pemerintah setempat. Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda menyebut, absennya gubernur bukanlah permasalahan yang besar. Sebab, apa yang diperjuangkan gubernur di luar negeri lebih penting.

“Kami tidak mempermasalahkan ketidakhadiran beliau. Selama apa yang dilakukan beliau dengan menghadiri undangan dari pemerintah Republik Belarusia dapat memberi manfaat luar biasa untuk Sumatera Selatan ke depan,” kata Giri, seusai rapat paripurna di DPRD Sumsel, kemarin.

“Semoga apa yang di la kukan beliau (gubernur) di Belarusia bisa memberikan impact positif untuk Sumatera Se latan, terutama untuk mengisi sam pai akhir masa jabatan beliau 2018 ini,” sambung Giri. Giri menjelaskan, peringatan HUT Sumsel merupakan ajang untuk mengevaluasi perkembangan provinsi ini dari tahun-tahun sebelumnya. Melalui peringatan ini juga akan dibuat rencana agar daerah yang disebut “Bumi Sriwijaya” ini lebih maju.

“HUT ke-69 Sumsel ini digelar untuk untuk mem peringati, untuk mengevaluasi (perkembangan provinsi ini) dan bagaimana ke depan membuat lebih maju lagi. Tanpa mengurangi kebesaran acara ini walaupun Gubernur Sumatera Selatan tidak hadir,” jelas Giri. Giri berharap pada perigatan ulang tahun ini, masing-masing semua pihak baik eksekutif, legislatif, tokoh ma syarakat dan kepala daerah dapat me lakukan evaluasi apa saja kekurangan dalam mem bangun provinsi.

Termasuk mencarikan solusi atas kekurangan tersebut hingga pembangunan dapat lebih maju lagi. Ketidakhadiran gubernur dalam peringatan HUT Sumsel baru kali ini terjadi. Sebelumnya kepala daerah Sumsel selalu mendatangi seremoni peri ngatan hari lahirnya provinsi ini. Bahkan, sebagian besar man tan gubernur biasanya juga hadir.

Sekadar mengingatkan, pada peringatan HUT ke-68 tahun lalu, Alex sempat marah dan menyatakan kekecewaannya, karena tiga bupati tidak menghadiri peringatan tersebut. Ketiga bupati itu yakni Bu pati OKU Timur Herman Deru, Bupati Musi Rawas (Mura) Ridwan Mukti dan Bupati OKI Iskandar. Ketiga kepala daerah itu mengirimkan wakil masingmasing untuk menghadiri sidang paripurna HUT ke-68 Sumsel.

Menyikapi ketidakhadiran para bupati itu, Alex tahun lalu menya takan, mengirimkan surat peringatan kepada para kepala daerah yang absen sidang tersebut. Sebab, menurut dia, peringatan HUT Sumsel cukup penting. Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki pada sidang paripurna kemarin menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran orang nomor satu Sumsel pada acara sakral tersebut.

Menurut dia, gubernur tidak hadir karena agenda di Bela rusia bersamaan dengan kegiatan HUT Sumsel. Ucapan yang sa ma disampaikan Ishak saat membuka kegiatan Sumsel Expo di Pelataran BKB kemarin. Namun tidak disebutkan dalam rangka apa Alex datang ke sana. Sementara itu, saat menyampaikan kata sambutan Gubernur Sumsel, Ishak Mekki mengatakan, Provinsi Sumsel sudah melakukan berbagai pembangunan dalam rangka memajukan Provinsi Sumsel.

Baik pembangunan sarana dan prasarana, serta infrastruktur di seluruh Sumsel. Dalam waktu dekat, Sumsel bakal memiliki jalan tol yang menghubungkan Kota Palembang dan Inderalaya Ogan Ilir (OI). Peresmian pembangunan tol bernama Palindra ini sudah dilakukan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Sumsel juga sudah sukses menggelar acara berskala nasional maupun internasional, seperti ASEAN University Games (AUG), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional dan sebagainya. Sumsel juga ba kal kembali menjadi tuan ru mah ajang internasional yakni Asian Games pada 2018 nanti. “Sumsel sudah banyak pengalaman menyelenggarakan event-event inter nasional. Bahkan, mengantarkan Indonesia sebagai juara umum.

Sukses penyeleng garaan dan sukses prestasi,” ujar mantan Bupati OKI itu. Menurut dia kesuksesan Sumsel menggelar kegiatan berskala internasional sebagai wu jud kebangkitan Kerajaan Sriwijaya. Dia berharap peringatan HUT ke-69 Sumsel, tahun ini menjadi momen mewujudkan harapan dan cita-cita Pemprov Sumsel bersama seluruh kabupaten/kota.

”Kita punya target menggapai harapan baru menuju Sumsel Gemilang,” katanya. Ishak sepakat jika peringatan HUT Sumsel dijadikan mo mentum untuk meng evaluasi segala kelemahan selama ini. Momen ini juga sekaligus menjadi ajang untuk memberi masukan mengenai apa yang harus dilakukan Sumsel kedepan.

Muhammad uzair
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6799 seconds (0.1#10.140)