Wirausaha Pemula Harus Siap Bersaing

Jum'at, 15 Mei 2015 - 09:17 WIB
Wirausaha Pemula Harus Siap Bersaing
Wirausaha Pemula Harus Siap Bersaing
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 50 wirausaha pemula mendapat sertifikat atas keberhasilannya dalam mengembangkan jasa usahanya.

Sertifikat tersebut diberikan dalam wisuda angkatan I pelatihan wirausaha pemula oleh Anggota Komisi VI DPR Ambar Tjahyono di Hotel Bifa Yogyakarta, kemarin. Ambar mengatakan, 50 wirausaha pemula ini sebelumnya mendapat pelatihan selama empat hari, 21–24 Maret lalu. "Dari 200 peserta, terseleksi 50 wirausaha. Lalu mereka kita beri sertifikat dalam wisuda angkatan I ini," katanya, kemarin. Mereka yang belum berhasil, akan mendapatkan pelatihan lagi.

"Kami gembleng lagi, sampai berhasil dan akan diwisuda angkatan berikutnya," kata politikus Partai Demokrat. Politikus dari Dapil DIY ini kegiatan ini untuk mempersiapkan wirausaha yang tangguh agar mampu bersaing. "Ini juga untuk mempersiapkan MEA 2015, agar pelaku usaha Indonesia mampu bersaing," katanya. Dia menambahkan, wirausaha pemula yang juga pelaku UMKM juga mampu menekan angka pengangguran di DIY.

"Yang kami bina adalah pelaku UMKM yang padat karya. Banyak tenaga kerja yang terserap," ungkap Ambar. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM DIY Riyadi Ida Bagus Subali mengapresiasi peran yang dilakukan Komisi VI, khususnya Ambar Tjahyono.

"Dinas punya tugas pemberdayaan UMKM, sehingga apa yang dilakukan sangat sinergis," katanya dalam sambutan acara tersebut. Riyadi menambahkan, jika pelaku UMKM mengalami kendala, dinas memiliki jasa konsultan yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung keberlangsungan UMKM. "Namun, kami percaya wirausaha didikan Pak Ambar ini pasti tangguh dan mampu bersaing," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY Laksono Undang Wijiharto menambahkan, langkah yang dilakukan Ambar Tjahyono beserta jaringannya sangat membantu peran dinas dalam penyerapan lapangan kerja. "Angka pengangguran bisa ditekan, dengan berwirausaha dan bekerja didalamnya," katanya.

Ridwan anshori
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7036 seconds (0.1#10.140)