Aji Santoso Puas dengan VO2 Max Pemain

Jum'at, 15 Mei 2015 - 07:47 WIB
Aji Santoso Puas dengan VO2 Max Pemain
Aji Santoso Puas dengan VO2 Max Pemain
A A A
BANDUNG - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-23, Aji Santoso mengaku cukup lega setelah kondisi fisik para penggawanya menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Bahkan dari hasil tes VO2 Max yang dilakukan hampir seluruh penggawanya berada dalam kondisi yang bagus. Tentu saja, kata Aji pemusatan latihan yang dilakukan di Lapangan Football Arena, Jalan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak 7 Mei 2015, lalu menghasilkan perkembangan kearah yang lebih baik.

“Dari 24 pemain yang mengikuti pemusatan latihan, hanya ada tujuh pemain yang masih di bawah standar. Saya tidak bisa sebutkan pemainnya. Tapi yang jelas saya sudah sampaikan kepada semua pemain, paling tidak VO2 Max-nya harus mencapai 55. Yang tujuh pemain ini masih dibawah 55, apalagi (Yohanes Ferinando) Pahabol hanya 52. Tapi saya mengerti karena dia (Pahabol) baru saja bergabung,” ujar Aji saat ditemui seusai memimpin sesi latihan.

Meski begitu, Aji pede alias percaya diri jelang keberangkatan menuju Singapura, 27 Mei nanti, kondisi fisik para penggawanya terutama untuk ketujuh pemain yang VO2 Max nya masih di bawah standar sudah jauh lebih baik. Mengingat, kata Aji, pihaknya masih memiliki cukup waktu untuk mengembalikan kondisi terbaik para penggawanya termasuk masalah organisasi permainan.

“Yang pasti saya optimistis, karena secara keseluruhan semua bagus, hanya beda-beda tipis dan kurangnya hanya sedikit untuk mencapai 55. Makanya saya yakin dalam waktu tidak lama lagi fisik anak-anak sudah sama,” tegasnya. “Khusus Pahabol pada dasarnya tidak terlalu jelek juga, walaupun masih di bawah teman-temannya, tapi Insya Allah jelang keberangkatan ke Singapura semua kondisi fisik tidak ada masalah,” sambungnya.

Setelah melakukan tes fisik, program latihan selanjutnya Aji akan memberikan taktik dan strategi kepada seluruh penggawanya. Pengasahan taktik dan strategi sendiri Aji memastikan akan melakukannya pada malam hari. Sebab di Singapura nanti, pertandingan akan dihelat pada malam hari.

“Saya memang sengaja memberikan pelatihan taktik dan strategi ke pemain di malam hari karena di SEA Games nanti, kami main semuanya malam hari. Jadi ini harus dibiasakan oleh semua pemain dan sejauh ini secara kualitas anak-anak sudah bagus, apalagi sebelumnya mereka juga bersamasama,” tuturnya.

Guna lebih mematangkan kinerja pasukannya, Aji berencana akan menggelar laga uji coba melawan tim lokal asal Kota Kembang, Sabtu (16/5) nanti.

Muhammad ginanjar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7556 seconds (0.1#10.140)
pixels