200 Balon Kades di Simalungun Bidik 61 Kursi

Kamis, 16 Mei 2019 - 09:36 WIB
200 Balon Kades di Simalungun Bidik 61 Kursi
Sejumlah kepala desa di Simalungun mengikuti pelantikan tahun lalu.Foto/Sindonews/ricky hutapea
A A A
SIMALUNGUN -
Sekitar 200 bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) di 32 kecamatan se-Kabupaten Simalungun akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) langsung pada tanggal 12 Juni mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori/ Desa Pemkab Simalungun Sarimuda Purba kepada Sindonews.com, Kamis (16/5/2019) mengatakan, setiap desa minimal diikuti 2 calon dan maksimal 5 calon.

Menurut mantan Kadis Kominfo itu, sejauh ini rata-rata yang mendaftar untuk mengikuti pemilihan kades langsung lebih dari 3 calon di 61 desa yang akan melaksanakan. "Sampai saat ini ada sekitar 200 bakal calon kepala desa yang sudah mendaftar untuk mengikuti pemilihan kepala desa langsung di 61 desa," sebut Sarimuda.

Dia melanjutkan, para kepala desa nantinya akan mengikuti tahap verifikasi kelengkapan berkas dan persyaratan lain sebelum ditetapkan sebagai calon kepala desa.

Anggota DPRD Simalungun Bernhard Damanik berharap pemilihan kepala desa pelaksanaannya berjalan bersih, jujur dan tidak boleh ada intervensi dari pejabat pemerintah daerah atau pihak manapun.

"Saya harap pelaksanaan pemilihan kepala desa di 61 desa berjalan bersih dan jujur sehingga kepala desa yang terpilih nantinya benar-benar pilihan rakyat," ujar politisi Nasdem itu.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6154 seconds (0.1#10.140)