Lawan Covid-19 Bersama Kopi Gue 38

Rabu, 08 April 2020 - 19:31 WIB
Lawan Covid-19 Bersama Kopi Gue 38
Kopi Gue 38 untuk turun, membantu mereka yang terdampak akibat Covid-19.(Foto/SINDOnews/Ist)
A A A
JAKARTA - Corona Virus Disease 2019 atau yang lebih dikenal sebagai Covid-19 merupakan jenis virus baru yang persebarannya berawal dari kota Wuhan, China.

Penyebaran virus ini setidaknya berhasil membuat menjadi pandemi global dan beberapa negara diantaranya sudah mengalami penurunan dan perlambatan ekonomi.

Di Indonesia, penyebaran kasus yang terkonfirmasi saat artikel ini diturunkan telah mencapai 2,738 kasus, 204 sembuh, 221 dinyatakan meninggal dunia. (per 8 April 2020, sumber : covid.go.id).

Kebijakan Physical Distancing dan himbauan membatasi kegiatan di tempat yang ramai pun memberikan dampak bagi ekonomi rakyat kecil. Hal ini yang menggerakan Kopi Gue 38 untuk turun, membantu mereka yang terdampak akibat Covid-19.

Kafe yang berlokasi di Area kompleks Hotel Kebayoran, Mampang tersebut turun ke jalan dan membagikan makanan maupun minuman kepada para pekerja harian yang masih berjuang untuk mencari nafkah kendati pemerintah menghimbau untuk tetap berada dirumah.

"Kita bagikan ini kepada para pekerja harian, Ojek Online, TNI Polri dan tenaga medis yang berperan besar dalam penanganan wabah ini,” kata salah satu pendiri Kopi Gue 38 Bambang Riyadi, Rabu (8/4/2020).

Bambang juga menambahkan, pemberian bantuan berupa makanan dan minuman ini juga sesuai dengan kebijakan dari pemerintah dan Kementerian Kesehatan, dengan menerapkan jaga jarak dan menggunakan perlengkapan seperti masker dan sarung tangan.

Adapun jumlah makanan dan minuman yang di bagikan oleh tim Kopi Gue 38 sampai sejauh ini adalah 1000 box makanan dan minuman berupa teh dan kopi yang berjumlah 1000 cup gelas. Makanan dan minuman yang dibagikan juga merupakan hasil dari dapur Kafe Kopi Gue 38.

"Kalau dihitung kurang lebih sudah 1000 box makanan dan minuman, hasil olahan dari kafe kita sendiri," jelas Bambang.

Pembagian makanan dan minuman ini dilakukan dibeberapa titik padat ibukota, seperti Jatinegara, Kampung Melayu, Kali Malang, Mampang dan Kemang. Dari pembagian bantuan ini, Bambang berharap pekerja harian seperti Ojek Online, para pedagang kecil serta institusi keamanan yaitu TNI Polri dan tenaga medis dapat terbantu dengan hadirnya bantuan dari Kafe Kopi Gue 38

"Setidaknya mungkin kami sedikit mengurangi beban rekan - rekan yang terkena imbas social distancing," pungkas Bambang.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4569 seconds (0.1#10.140)