Tekan Penyebaran Corona Akhyar Instruksikan Puskesmas Total Layani Warga

Jum'at, 03 April 2020 - 20:01 WIB
Tekan Penyebaran Corona Akhyar Instruksikan Puskesmas Total Layani Warga
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. (Foto/SINDOnews/M Andi Yusri)
A A A
MEDAN - Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasutionmenginstruksikan pihak Puskesmasmemberikan pelayanan terbaik bagi warga jika terindikasi gejala-gejala Covid-19.

Instruksi itu, merupakan salah satulangkah antisipasi sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19,.

Akhyar Nasution mengatakan langkah instruksinya kepada pihak Puskesmas juga menindaklanjuti instruksi Presiden RI dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan.

"Kami sudahmelakukan sejumlah langkah-langkah antisipasi. Salah satunya dengan menginstruksikan seluruh Puskesmas di Kota Medan untuk siap memberikan pelayanan terbaik bagi warga jika terindikasi gejala-gejala Covid-19," kata Akhyar, Jumat (3/3/2020).

Dia mengatakan, selain observasi, puskesmas juga harus segera merekomendasikan warga yang positif untuk diisolasi di RSUP H Adam Malik.

"Maka itu, sayaminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan jika ada aparatur pemerintah yang tidak bekerja dengan baik,"tuturnya.

Akhyar menjelaskan, berbagai langkah untuk menekan dan mengantisipasi penyebaran Covid -19 sudah dilakukan pihaknya.

Di antaranya, berupa instruksijika ada warga yang terpapar Covid-19, maka secepatnya dilakukan pertolongan dan langkah antisipatif.

Instruksi itu disampaikan ketika mengunjungi Puskesmas Medan Johor Jalan Karya Jaya, Kelurahan Pangkalan mansyur, Kecamatan Medan johor dan Puskesmas Padang Bulan Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Rabu (12/2) lalu.

Kemudian, di saat kasus Covid-19 semakin menghangat, Akhyar sempat waktu itu saat melakukan kunjungan kerja ke Semarang Rabu (4/3), Namun ia tetap mengimbau warga agar tidak panik. Sebab, saat itu belum ada satu pun warga Kota Medan yang positif terpapar Covid-19.

Ditambah lagi Dinas Kesehatan melalui tim kesehatan secara intensif melakukan observasi bagi warga yang baru saja datang dari wilayah endemic Covid-19.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7391 seconds (0.1#10.140)