Kampanyekan Edukasi Perawatan Ban Diajang GIICOMVEC 2020

Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:08 WIB
Kampanyekan Edukasi Perawatan Ban Diajang GIICOMVEC 2020
MRF TYRES melakukan kampanye edukasi mengenai pentingnya perawatan ban . Foto/Dok. MRF/TYRES
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan keikusertaannya pada GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo 2020 (GIICOMVEC 2020) yang dimulai hari ini sampai dengan 8 Maret 2020, MRF TYRES melakukan kampanye edukasi mengenai pentingnya perawatan ban untuk meningkatkan keamanan (safety) dan efisiensi di industri transportasi khususnya pada kendaraan niaga.

Kampanye bertajuk ‘Hitung Untung dengan BPK’ ini sejalan dengan tema GIICOMVEC 2020 yang mengangkat topik keselamatan dalam menghadirkan solusi transportasi terbaik dari industri kendaraan komersial.

Sebagai salah satu komponen kendaraan pengangkutan dan logistik, ban merupakan bagian vital dan bahkan merupakan salah satu biaya operasional terbesar dalam usaha pengangkutan. Namun sayangnya, para pengusaha truk cenderung mementingkan jumlah muatan untuk meningkatkan keuntungan, tanpa sepenuhnya memperhitungkan resiko dan kerugian mengoperasikan truk dalam kondisi yang melebihi kapasitas (overload).

Sebagai salah satu produsen ban terdepan di dunia yang juga fokus pada kendaraan komersial dan niaga, MRF TYRES melihat adanya peluang untuk menjembatani celah ini. Kegiatan kampanye ‘Hitung Untung dengan BPK’ dari MRF TYRES ini diakukan dengan menggandeng komunitas-komunitas pengusaha, operator dan pengemudi truk di seluruh Indonesia untuk memberikan pelatihan perawatan ban sekaligus edukasi mengenai efisiensi biaya ban melalui penghitungan Biaya Per Kilometer (BPK) yang dapat membantu meningkatkan keuntungan, sehingga nantinya dapat berdampak positif pada keseluruhan lansekap industri infrastruktur dan akselerasi bisnis pada umumnya.

Namun lebih dari itu, sosialisasi diberikan untuk pemahaman mengenai pelanggaran dan bahaya dari Over Dimension Overload (ODOL), di mana ODOL tidak hanya merusak namun juga berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

“Kendaraan berat yang kelebihan dimensi dan muatan adalah salah satu kondisi terpaksa yang dilakukan operator atau perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Padahal, kelebihan beban dan dimensi akan membuat kendaraan cepat rusak,” ujar General Manager PT Everseiko Indonesia Sugih Sutjiono di Jakarta, Sabtu (15/3/2020).

Kampanye ‘Hitung Untung dengan BPK’ ini merupakan target jangka panjang MRF TYRES, dan merupakan dukungan bagi para pengusaha truk dengan memberikan pelatihan khusus perawatan ban kepada tim operasional termasuk para pengemudi truk. Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengertian atas pentingnya peran ban dalam hal safety dan efisiensi.

“Perhitungan BPK yang cermat dikombinasikan dengan pemahaman yang baik bahwa efisiensi bisnis tidak diukur dari nilai beli yang bersifat jangka pendek, namun dari nilai pakai – akan menghasilkan produktivitas yang optimal, bahkan bisa mencapai sekitar 30% efisiensi biaya,” ujar Wira Gapen, pemilik Dejavu Express yang mengangkut paket untuk JNE, Lazada, JD.id, sekaligus merupakan pengguna produk MRF TYRES.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6985 seconds (0.1#10.140)