Mantan Sekjen PBB Perez de Cuellar Meninggal Dunia pada Umur 100 Tahun

Kamis, 05 Maret 2020 - 15:30 WIB
Mantan Sekjen PBB Perez de Cuellar Meninggal Dunia pada Umur 100 Tahun
Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Javier Perez de Cuellar. Foto/REUTERS
A A A
LIMA - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Javier Perez de Cuellar tutup usia pada usia 100 tahuh, Rabu (4/3) di kediamannya di Lima.

Diplomat asal Peru itu memainkan peran penting dalam mengakhiri perang Iran-Irak pada 1980-1988. Dia dua kali memimpin PBB, sejak 1982 hingga 1991 saat era Perang Dingin membuka jalan hingga berakhirnya Uni Soviet dan upaya lebih besar dalam kerja sama internasional.

Dia merupakan pemimpin PBB kelima dan satu-satunya sekjen dari Amerika Latin hingga sekarang.

Sekjen PBB Antonio Guterrez memuji peran penting Javier Perez de Cuellar dalam menjamin pembebasan sandera warga AS yang ditahan di Lebanon. Dia juga berperan dalam berbagai kesepakatan damai di Kamboja dan El Salvador selama menjabat.

"Dia seorang negarawan ulung, diplomat berkomitmen dan sosok inspirasi yang memberikan dampak besar di PBB dan dunia kita," papar Guterres.

Perez de Cuellar pernah mengatakan prestasinya yang paling membanggakan adalah perannya dalam keamanan dalam kemerdekaan di Namibia dan kesepakatan damai yang mengakhiri konflik Iran-Irak.

Meski demikian, upaya diplomatiknya gagal menghentikan Perang Teluk pada 1990.

Setelah meninggalkan PBB, dia gagal maju sebagai calon presiden Peru pada 1995, kalah melawan petahana Alberto Fujimori.

Dia menjadi perdana menteri dalam pemerintahan persatuan nasional selama delapan bulan setelah pemerintahan Fujimori runtuh akibat skandal korupsi pada akhir 2000.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5660 seconds (0.1#10.140)