Penumpang Panik, Terminal 3 Bandara Soetta Mendadak Gelap Gulita

Kamis, 12 Maret 2020 - 10:27 WIB
Penumpang Panik, Terminal 3 Bandara Soetta Mendadak Gelap Gulita
Mati listrik membuat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, menjadi gelap gulita. Foto/SINDOnews/Hasan Kur
A A A
TANGERANG - Listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, tiba-tiba padam dan menjadi gelap gulita. Tidak ada penerangan sama sekali.

Ini bukan kali pertama bandara internasional itu mati listrik. Namun, peristiwa padamnya listrik di Terminal 3 Bandara Soetta hampir 1 jam. Penumpang pun dibuat panik.

Informasi padamnya listrik ini cepat ramai di media sosial. Para penumpang pesawat terjebak di terminal tanpa ada penerangan cadangan.

Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano, saat dikonfirmasi menyerahkan ke Febri Toga Simatupang, Senior Manager of Branch Communication and Legal, Bandara Soetta.

Saat dikonfirmasi, Febri pun bungkam. Aksi saling lempar tanggung jawab dan bungkam ini kerap dilakukan oleh AP II saat situasi pemberitaan sedang tidak menguntungkan.

Pihak PLN Banten yang mensuplai pasokan listrik di Bandara Soetta pun mengaku, hingga hari ini pasokan listrik di bandara masih aman. Adapun, penyebab padamnya listrik itu bukan karena pasokan listrik yang kurang.

Manager Komunikasi PLN UID Banten Eman mengatakan, terkait padamnya listrik di Terminal 3 Soetta, dari sisi pasokan PLN aman. Pemadaman tersebut, akibat adanya kesalahan pengelola listrik internal bandara.

"Dari penelusuran kami di Bandara Soetta, ada permasalahan panel instalasi internal di Terminal 3, yang mati hanya lampunya. Tapi kalau dipelayanan bagasi tetap nyala," kata Eman kepada SINDOnews, Kamis (12/3/2020).

Dijelaskan dia, akibat padamnya listik, terjadi gangguan di sisi Terminal 3, sekitar pukul 22.20 WIB. Gangguan juga terjadi pada sisi Jaringan IB Angkasa Pura (AP) II supply untuk terminal Internasional dan domestik aman.

"Gangguan di sisi panel Terminal AP2 ini menyebabkan genset tidak bekerja. UPS bandara bekerja dengan baik, sehingga sistem bagasi (BHS) aman. Sedangkan di sisi penerangan, padam sesaat," pungkasnya.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7457 seconds (0.1#10.140)