Ratusan Ribu Masker Disebar di Gang Sempit Sampai Pedagang Pasar

loading...
Ratusan Ribu Masker Disebar di Gang Sempit Sampai Pedagang Pasar
Warga di perkampungan dan pasar terus dipasok masker untuk alat pelindung diri dari serangan virus Corona. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
SURABAYA - Perlindungan warga dari penyebaran Covid-19 terus dilakukan di Kota Pahlawan. Petugas dari Pemkot Surabaya, masuk ke perkampungan hingga pasar-pasar untuk membagikan masker kain dan melakukan pemasangan hand sanitizer.

(Baca juga: Hasil Rapid Test, Ibu Hamil di Ngawi Positif Corona)

Setidaknya ada 260 ribu masker kain yang hari ini dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Mereka yang ada di gang sempit juga menjadi sasaran dalam memutus sebaran virus Corona.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Eddy Christijanto menuturkan, pihaknya memprioritaskan membagikan masker kain gratis kepada masyarakat.



"Hari ini sudah ada ribuan masker kain gratis yang dibagikan kepada masyarakat di wilayah perkampungan dan pedagang di pasar. Pembagiannya ini dilakukan secara bertahap," kata Eddy, Rabu (8/4/2020).

Ia melanjutkan, pembagian masker di wilayah perkampungan penduduk sebagai upaya preventif melindungi dan mengedukasi warga dari Covid-19. Apalagi, protokol kesehatan juga mewajibkan masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Nah, untuk masker itu kita bagikan yang kain, supaya bisa dicuci dan dipakai lagi. Kalau masker bedah kita konsentrasi gunakan untuk tenaga medis, dokter dan staf rumah sakit," katanya.



Ia mengungkapkan, pada awalnya pemkot menyiapkan masker bedah di kelurahan-kelurahan dan puskesmas untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Namun, karena masker bedah kini sulit didapat, sehingga kemudian diganti dengan masker jenis kain. Menariknya, masker kain ini merupakan produksi mandiri dari UMKM Surabaya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top