AAL Meriahkan Gelaran Pariaman Nusantara Expo 2019

Rabu, 11 Desember 2019 - 20:41 WIB
AAL Meriahkan Gelaran Pariaman Nusantara Expo 2019
Pengunjung berada di stand AAL dalam Pariaman Nusantara Expo 2019, Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Foto/Bagpen AAL
A A A
PARIAMAN - Akademi Angkatan Laut (AAL) turut serta memeriahkan event akbar pada acara Pariaman Nusantara Expo 2019, Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Pada perhelatan yang diikuti sekitar 56 stan pameran tersebut, digelar Selasa-Sabtu (10-14/12/2019). Pariaman Nusantara Expo merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Nusantara tahun 2019 yang dipusatkan di kota Pariaman.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Beni Warlis yang mewakili Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Selasa (10/12/2019). Acara dimeriahkan oleh display Marching Band IPDN Kampus Sumatera Barat serta penampilan seni budaya Kota Pariaman.

Hadir dalam acara ini Walikota Pariaman, Genius Umar, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Guy Margalith serta jajaran Forkopimda Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Beni Warlis menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenko Kemaritiman dan Investasi yang telah mau mempercayakan acara ini kepada Provinsi Sumatera Barat, khususnya Kota Pariaman, yang telah mampu menjadi tuan rumah Hari Nusantara 2019 dan apresiasi yang luar biasa diberikan kepada Pemkot Pariaman.

"Dengan adanya acara ini, semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pariaman khususnya lewat pembangunan ekonomi kelautan, salah satunya caranya dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam bentuk Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang ada di Kota Pariaman ini, dan sekaligus akan membuat Kota Pariaman semakin terkenal, bukan saja di Indonesia tapi juga di dunia internasional sebagai kota tujuan wisata," ungkap Beni Warlis.

Menjelang acarak puncak peringatan Hari Nusantara 2019 pada tanggal 14 Desember mendatang di pantai Gondoriah, Kota Pariaman, telah dilaksanakan serangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat umum, diataranya acara Mancing Mania, Pariaman Wirabraja Run 10 K dan 5 K serta Nusantara Expo 2019 yang baru saja dibuka. Selain itu juga akan dilaksanakan bhakti sosial dan bhakti kesehatan yang dilaksanakan sebelum acara puncak.

Dalam kegiatan Nusantara Expo tahun ini, diikuti sejumlah stand yang terdiri empat Kementerian,TNI Angkatan Laut (AAL, Kodiklatal, Dispenal), Tujuh stand provinsi serta Kabupaten/Kota, 30 BUMN dan BUMD, delapan UKM, diantaranya stand dari Kementerian PUPR, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemendikbud-Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif, Disperindag Provinsi Sumbar, DKP Kalimantan Timur, Disperindag dan UKM Kota Pariaman, Disperindag Sibolga, Disparpora Kab. Pesisir Selatan, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Diskominfo Kota Pariaman dan Disbudpar Kota Pariaman.

AAL menampilkan berbagai visual berupa video profil AAL, foto-foto kegiatan Taruna AAL, dua maket KAL Kadet, maket KRI Bima Suci, berbagai tenue Taruna AAL, buku-buku tentang keangkatanlautan, majalah AAL serta brosur AAL. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan lembaga AAL dan untuk menarik perhatian bagi masyarakat Padang Pariaman khususnya bagi pemuda dan pemudinya untuk bergabung menjadi Taruna dan Taruni AAL.

Keberadaan stand AAL mendapat antusias dari warga kota Pariaman dan sekitarnya, bahkan sebelum acara resmi pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 14.00, masyarakat telah banyak yang mengunjungi stand AAL sejak pagi.

Usai acara pembukaan expo, banyak pejabat yang berkunjung di stand AAL, di antaranya Wali Kota Pariaman Genius Umar beserta istri, Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyudin beserta istri, Komandan Lantamal II Padang Laksma TNI Dafit Santoso didampingi Aspotmar Danlantamal II Kolonel Laut (P) Yusherman, Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Edi Nurhabad serta sejumlah pejabat Kota Pariaman.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0367 seconds (0.1#10.140)