Lampaui Nasional, Angka Harapan Hidup di Sleman Capai 76 Tahun

Minggu, 23 Juni 2019 - 23:50 WIB
Lampaui Nasional, Angka Harapan Hidup di Sleman Capai 76 Tahun
Puluhan lansia di Sleman mengikuti senam dalam peringatatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan Festival Senior Living 2019, di Lapangan Shiwa kompleks Candi Prambanan, Sleman, Minggu (23/6/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN
A A A
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dan Festival Senior Living 2019 di Lapangan Shiwa kompleks Candi Prambanan, Sleman, Minggu (23/6/2019). Sebanyak 1.250 lansia dari 17 kecamatan se-Sleman mengikuti acara tersebut.

Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Sri Muslimatun mengajak para lansia membudayakan hidup sehat. Di antaranya dengan olahraga teratur, makan makanan yang sehat dan cek kesehatan secara rutin. Sebab kualitas hidup di masa tua dapat ditingkatkan melalui langkah tersebut.

"Ini penting. Kalau kualitas hidup meningkat, harapan hidup juga meningkat," kata Muslimatun dalam sambutannya saat membuka acara tersebut.

Muslimatun menjelaskan, untuk kualitas dan kepedulian kesehatan ini masyarakat dinilai sangat baik. Indikasinya angka harapan hidup di Sleman cukup tinggu, yaitu 76 tahun untuk perempuan dan 74 tahun untuk laki-laki. Angka itu lebih tinggi dibandingkan angka harapan hidup di Indonesia. Harapan hidup tinggi itu jUga karena masyarakat Sleman sabar, nrimo, legowo, tetapi tetap mau bekerja dan bergerak.

"Saya berharap masyarakat dapat terus mempertahankan budaya hidup sehat bahkan lebih ditingkatkan lagi," kata Muslimatun dalam sambutannya saat membuka acara tersebut," paparnya.

Berbagai acara dan lomba memeriahkan acara tersebut. Selain senam Germas (gerakan masyarakat sehat), presentasi dan pemeriksaan kesehatan juga game bagi lansia yang dikemas dalam Senior Citizen Got Talent. Di antaranya lomba senam Taichi, lomba kesenian BKL dan senam Terra.

Di samping itu, juga digelar pameran produk lokal berupa kerajinan tangan dan kuliner dan penampilan tari kipas Angguk lansia.

Kabag Humas Pemkab Sleman Savitri Nurmala Devi menambahkan HLUN 2019 tingkat Sleman ini didukung Komisi Daerah Lanjut Usia (Komdis Lansia), Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Kebudayaan (Disbud). "Dinkes untuk pemeriksaan dan presentasi kesehatan. Disbud untuk penampilan tari angguk kipas," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1330 seconds (0.1#10.140)