Wali Kota Semarang Bagikan Ribuan Hand Sanitizer Gratis ke Masyarakat

Rabu, 18 Maret 2020 - 01:00 WIB
Wali Kota Semarang Bagikan Ribuan Hand Sanitizer Gratis ke Masyarakat
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat membagikan hand sanitizer kepada masyarakat di Jalan Pemuda, Selasa (17/3/2020). Foto/Dok.Humas Pemkot Semarang
A A A
SEMARANG - Pemkot Semarang membagikan sebanyak 1.500 botol hand sanitizer kepada masyarakat secara cuma-cuma alias gratis kepada di Jalan Pemuda, Selasa (17/3/2020). Ini merupakan respons Pemkot Semarang atas keluhan masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan cairan antiseptik tersebut di pasaran.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan, pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk membagikan hand sanitizer atau cairan antiseptik kepada masyarakat secara cuma-cuma. Dalam pembagian hand sanitizer tersebut juga disampaikan pesan kepada masyarakat bahwa cairan antiseptik tersebut masih ada dan mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya terhadap berita bohong (hoaks) terkait virus corona yang santer beredar di media sosial.

"Hand sanitizer masih tersedia. Ini juga sebagai pesan kepada masyarakat bahwa barangnya masih ada. Jangan bicara kosong-kosong terus, ini kepolisian terus pantau beberapa wilayah yang coba menimbun, sudah ditangkap," kata Hendrar Prihadi di sela-sela membagikan hand sanitizer kepada masyarakat yang melintas di depan Balai Kota Semarang.

Menurut Hendrar Prihadi, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang untuk membeli hand sanitizer sebanyak-banyaknya untuk dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. "Saya tekankan kepada DKK untuk beli sebanyak-banyak, bagikan kepada masyarakat, supaya masyarakat tidak resah dan galau," kata wali kota yang akrab disapa Hendi ini.

Guna menghilangkan keresahan masyarakat, Pemkot Semarang mengajak warga untuk bergerak bersama memerangi covid-19, yaitu dengan ikut menyemprot sejumlah tempat area publik dengan disinfektan. Di sisi lain, Hendi mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga daya tahan dan kebersihan tubuh. Rajin mencuci tangan dengan sabun merupakan langkah yang harus dilakukan dalam pencegahan penularan virus corona.

"Yang paling penting tangan ini harus bersih. Misalnya yang biasa naik bus sambil pegangan, setelah itu langsung pakai hand sanitizer atau bisa juga ke wastafel terdekat untuk mencuci tangan. Dan produk yang kami punya, apakah itu masker, hand sanitzer, disinfektan, atau sabun akan kita bagikan kepada masyarakat," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0834 seconds (0.1#10.140)