Bukit Gunung Cupu Longsor

Kamis, 02 April 2015 - 11:53 WIB
Bukit Gunung Cupu Longsor
Bukit Gunung Cupu Longsor
A A A
PURWAKARTA - Hujan deras yang mengguyur sepanjang Rabu malam kemarin mengakibatkan bukit Gunung Cupu setinggi 50 meter kembali longsor Kamis (2/4/2015) dini hari tadi. Material longsor tanah merah bercampur material bebatuan ini menimpa Jalan Raya Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Peristiwa yang terjadi kesekian kalinya ini mengakibatkan jalan raya yang menghubungkan antarkecamatan di Kabupaten Purwakarta itu lumpuh. Seluruh bahu jalan tertutup material longsor sepanjang 30 meter dengan tebal 15 cm.

Dari pantauan di lapangan, aparat Satpol PP dan petugas Damkar Purwakarta dibantu anggota TNI/Polri bersama warga diterjunkan membersihkan material longsor yang menutupi jalan. Pembersihan material longsor yang menggunakan alat seadanya cukup memakan waktu.

Pengendara yang melintas jalan raya ini harus sabar menunggu material longsor dibersihkan beberapa jam. Sekitar pukul 08.30 WIB, beberapa pengendara bisa melintasi jalan raya ini.

"Longsor dari Gunung Cupu ini bisa dibilang peristiwa rutin setiap hujan deras. Itu karena pepohonan sudah banyak yang tumbang, selain ditebang juga akibat kebakaran musim kemarau beberapa waktu lalu," kata Camat Plered Asep Gumilar, Kamis (2/4/2015).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Dinas Kehutanan atau Perhutani. "Solusinya bisa dilakukan penanaman pohon di bukit Gunung Cupu," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2152 seconds (0.1#10.140)