Puting Beliung Terjang Jombang dan Nganjuk, Ratusan Rumah Hancur

Selasa, 25 November 2014 - 20:13 WIB
Puting Beliung Terjang Jombang dan Nganjuk, Ratusan Rumah Hancur
Puting Beliung Terjang Jombang dan Nganjuk, Ratusan Rumah Hancur
A A A
JOMBANG - Ratusan rumah warga di Kabupaten Jombang dan Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, hancur diterjang angin puting beliung, Selasa sore. Dalam peristiwa tersebut, satu orang warga dilaporkan menderita luka-luka akibat tertimpa tembok dan atap rumahnya yang roboh.

Di Kabupaten Jombang, puting beliung menghajar ratusan rumah warga di Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Di desa ini, tujuh rumah warga hancur total, sementara 70-an rumah lainnya rusak berat dan ringan. Hingga malam ini, warga masih belum dapat membersihkan puing-puing rumahnya yang rusak dan hancur karena gerimis masih melanda wilayah tersebut.

Seorang warga yang bernama Jalil (60) menderita luka-luka akibat tertimpa tembok dan atap rumahnya yang roboh. Korban dilarikan ke RSUD Jombang untuk mendapat perawatan medis.

Menurut Mukminin, warga, datangnya angin puting beliung berlangsung cepat. "Tiba-tiba saya melihat angin sudah bergulung-gulung datang dari arah timur dan langsung menerjang rumah-rumah warga," kata Mukminin, Selasa (25/11/2014).

Terkait bencana tersebut, Bupati Jombang Nyono Suharli berjanji segera membantu memperbaiki dan membangun kembali rumah warga yang hancur.

Angin puting beliung juga menerjang ratusan rumah warga di empat kecamatan yakni Kecamatan Tanunganom, Kecamatan Patianrowo, Kecamatan Baron, dan Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sekitar 11 rumah warga di wilayah tersebut hancur dan rata dengan tanah, sementara ratusan rumah lainnya dilaporkan rusak berat dan ringan.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk hingga malam ini masih terus melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0981 seconds (0.1#10.140)