Sedekah Bumi, Warga Jombang Rebutan Melon

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 00:06 WIB
Sedekah Bumi, Warga Jombang Rebutan Melon
Sedekah Bumi, Warga Jombang Rebutan Melon
A A A
JOMBANG - Ratusan warga saling dorong dan berdesakkan saat berebut gunungan buah melon dalam tradisi sedekah bumi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (24/10/2014).

Acara tersebut juga merupakan bentuk suka cita warga atas hasil panen buah melonnya yang melimpah, meski di musim kemarau.

Tak hanya sekadar berharap berkah, warga juga antusias berebut buah melon karena bagi mereka yang beruntung akan mendapat hadiah beberapa ekor kambing oleh panitia.

Setelah diarak keliling desa, gunungan buah melon ini langsung dibawa masuk ke Kantor Desa Bandar Kedungmulyo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Namun, begitu sampai di halaman kantor kepala desa, ratusan warga yang sudah tidak sabar menunggu langsung menyerbu dan memperebutkannya.

Padahal, gunungan buah melon ini sedianya akan didoakan terlebih dahulu oleh sesepuh desa. Meski saling berebutan, warga antusias berebut gunungan buah melon ini. Sebab, di dalam beberapa buah tersebut diselipkan kupon hadiah berupa hewan kambing. Tak heran, jika warga beromba-lomba mengambil buah melon sebanyak-banyaknya.

Setelah dapat, buah melon ini pun langsung dipecah untuk diperiksa apakah ada kupon hadiah kambing atau tidak. Hasilnya, sejumlah warga berteriak setelah melihat di dalam melonnya ada kupon berhadiah kambing.

“Kami senang, karena dapat hadiah kambing,” tandas salah seorang warga yang mendapartkan hadiah kambing, Mukminin.

Panitia pun langsung menyerahkan kambing-kambing yang sudah disediakan kepada warga yang beruntung.

Kepala Desa Bandar Kedungmulyo, Suyono mengaku sengaja menggelar acara ini sebagai bentuk suka cita warga atas panen buah melon. “Meskipun kemarau, buah melon justru dapat tumbuh lebih baik. Ini bisa mejadi alternatif bagi para petani yang selama ini hanya mengandalkan tanaman padi,” ujarnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5657 seconds (0.1#10.140)