Hujan Mulai Turun, Warga Majalengka Bersyukur

Minggu, 19 Oktober 2014 - 12:34 WIB
Hujan Mulai Turun, Warga Majalengka Bersyukur
Hujan Mulai Turun, Warga Majalengka Bersyukur
A A A
MAJALENGKA - Hujan yang sejak beberapa hari mengguyur wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan menandakan akan memasuki peralihan musim dari kemarau ke penghujan atau musim pancaroba.

Turunnya hujan disambut bahagia warga Majalengka. Pasalnya, sudah beberapa bulan ini banyak warga kesulitan mendapatkan air. Banyak petani gagal panen lantaran kesulitan mendapatkan air untuk sawah-sawah mereka.

"Alhamdulillah sejak dua hari lalu di Majalengka sudah mulai turun hujan. Mudah-mudahan sumur di rumah kami terisi air lagi, sehingga kami tidak harus mengambil air bersih ke tempat yang lokasinya jauh dari rumah kami," kata Wardina Nuyata (30), Minggu (19/10/2014).

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faaiziyn, membenarkan saat ini sudah ada tanda-tanda memasuki peralihan musim atau musim pancaroba.

"Ya, sekarang sudah memasuki masa pancaroba. Tanda-tandanya sudah ada," ujar pria yang akrab disapa Faiz itu.

Ia mengatakan, masa pancaroba memang ditandai dengan sudah mulai turunnya hujan. Namun, jumlah curah hujan yang turun masih rendah, atau kurang dari 100 mm per bulan. "Atau bisa dikatakan ada hujan, tapi jarang-jarang terjadinya," terang Faiz.

Faiz menambahkan, masa pancaroba berakhir seiring dengan masuknya musim hujan. Diperkirakan, musim hujan mulai terjadi pada awal hingga pertengahan November.

"Saat musim hujan nanti, curah hujan diprakirakan lebih dari 100 mm per bulan," tegas Faiz.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5740 seconds (0.1#10.140)