Kopral Bagiyo Jalan Jongkok Sejauh Dua Kilometer

Senin, 06 Oktober 2014 - 16:04 WIB
Kopral Bagiyo Jalan Jongkok Sejauh Dua Kilometer
Kopral Bagiyo Jalan Jongkok Sejauh Dua Kilometer
A A A
SOLO - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-69, Kopral Kepala (Kopka) Partika Subagiyo, yang berasal dari detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Surakarta melakukan aski jalan jongkok sejauh sekitar dua kilometer.

Aksi jalan Jongkok tersebut dimulai pada Senin (6/10) siang. Dengan menggunakan seragam TNI lengkap, dirinya memulai aksi jalan jongkok di Koridor Ngarsopuro Solo. Dengan ditemani sejumlah pengawal, Bagiyo, berjalan jongkok menyusuri Jalan Slamet Riyadi sepanjang dua kilometer dan berakhir di Patung Slamet Riyadi Gladak.

Aksi yang dilakukan oleh Bagiyo tersebut tergolong berat, sebab dilakukan pada siang hari, saat matahari terik. Padatnya arus lalu lintas di jalur utama Kota Solo juga menjadi halangan tersendiri dalam aksi tersebut. Dengan usaha keras, halangan itu bisa diselesaikan oleh bagiyo.

Sesampainya di Patung Slamet Riyadi, Bagiyo juga membagi-bagikan nasi bungkus kepada para tukang becak dan masyarakat yang ada di sekitar lokasi. Nasi bungkus ini sebagai simbol kedekatan antara TNI dengan masyarakat.

Bagiyo menyatakan, jalan jongkok sebagai simbol kekuatan mental anggota TNI. Untuk bisa melakukan jalan jongkok, harus memiliki kemauan keras. "Jika tidak, pasti tidak akan mampu berjalan jauh,” ucapnya.

Salah seorang tukang becak, Sarimin, mengatakan kegiatan positif TNI itu perlu didukung oleh masyarakat. "Agar TNI semakin kuat untuk bersama-sama mempertahankan NKRI.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5794 seconds (0.1#10.140)