Hari Batik, Pedagang Pasar Gede Gelar Fashion Show

Kamis, 02 Oktober 2014 - 16:56 WIB
Hari Batik, Pedagang Pasar Gede Gelar Fashion Show
Hari Batik, Pedagang Pasar Gede Gelar Fashion Show
A A A
SOLO - Sejumlah pedagang Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah (Jateng) melakukan peragaan busana batik di pelataran pasar setempat, Kamis (2/10/2014) pagi. Peragaan busana batik itu dilakukan dalam rangka memperingati hari batik dunia yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

Para pedagang mulai melakukan persiapan peragaan busana sejak pagi hari. Mereka meninggalkan sejenak aktivitas layanan terhadap pembeli. Mereka juga berdandan layaknya model papan atas yang bersiap berjalan di catwalk.

Setelah melakukan persiapan cukup lama, para pedagang itu langsung berjalan di selasar Pasar Gede, Solo. Setelah itu, mereka menunjukkan busana batik kreasinya masing-masing ke halaman pasar gede satu persatu. Para pedagang juga membawa sayur mayur dan buah-buahan yang biasa dijual di pasar itu, untuk lebih memeriahkan suasana.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede, Jumadi, mengatakan aksi peragaan busana sengaja dilakukan untuk memeriahkan hari batik dunia. Selain itu, untuk lebih memasyarakatkan kain batik, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Solo merupakan Kota Batik, sehingga sudah selayaknya kita menggunakan batik itu untuk berbagai bidang agar tetap lestari,” ucapnya.

Salah seorang pedagang, Shuharni, mengaku, penggunaan busana batik itu tidak hanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja. Tetapi, digunakan setiap hari. Menurutnya, menggunakan pakaian batik saat berjualan itu memiliki kebanggaan tersendiri, jika dibandingkan menggunakan pakaian bebas.

Pakaian batik juga membuat para peagang lebih percaya diri untuk menghadapi para pembeli dan wisatawan. “Menggunakan batik itu enak, motifnya juga beragam, sehingga nyaman untuk dipakai,” ucapnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7411 seconds (0.1#10.140)