Membuat Kreativitas dengan Festival Layang-Layang

Selasa, 30 September 2014 - 06:00 WIB
Membuat Kreativitas dengan Festival Layang-Layang
Membuat Kreativitas dengan Festival Layang-Layang
A A A
CILACAP - Festival layang-layang kreasi nasional menampilkan berbagai macam model di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng). Design layang-layang, mulai tradisional, dua dimensi, tiga dimensi, hingga layang-layang raksasa seberat 70 kilogram.

Untuk menerbangkan layang-layang jumbo yang berbentuk ular naga ini membutuhkan belasan orang. Agar tak putus, untuk menariknya menggunakan benang khusus.

Sementara, bentuk layang-layang lainnya, antara lain berupa binatang kupu-kupu, gatot kaca, ibu yang sedang menggendong anak, monster, dan lain sebagainya.

Festival ini diikuti dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain dari Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. "Penilaiannya meliputi beberapa kategori, mulai kerapihan hingga komposisi warna dan bentuknya," tandas Panitia Festival Layang-Layang, Endar Yuli, Senin (29/9/2014).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat layang-layang. Pemenangnya, mendapatkan berbagai macam hadiah, seperti uang dan trofi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0151 seconds (0.1#10.140)