Pelebaran Jalan Cipto Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Senin, 30 Juni 2014 - 21:58 WIB
Pelebaran Jalan Cipto Ditargetkan Rampung Tahun Ini
Pelebaran Jalan Cipto Ditargetkan Rampung Tahun Ini
A A A
CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon menargetkan perluasan Jalan Cipto Mangunkusumo rampung tahun ini mengingat proyeksinya sebagai kawasan central business district (CBD).

Saat ini, dari sekitar 5 km panjang Jalan Cipto, baru sekitar 2 km yang dilebarkan. Pesatnya pembangunan yang secara kasat mata ditampakkan dengan berdirinya bangunan-bangunan usaha, membuat Pemkot Cirebon memproyeksikan kawasan ini sebagai CBD.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) Kota Cirebon Yoyon Indrayana mengungkapkan, pelebaran jalan yang akan dilakukan tahun ini merupakan lanjutan dari pekerjaan tahun sebelumnya. Saat ini setidaknya tersisa 3 km dari jalan tersebut yang belum diperlebar. "Pelebaran Jalan Cipto akan kembali dikerjakan mulai lokasi depan Radio Nuansa hingga perempatan Jalan Pemuda," jelas dia, Senin (30/6/2014).

Dalam kesempatan itu, dia juga memastikan akan adanya pembongkaran sejumlah ruko yang masih berdiri di sekitar Jalan Cipto. Sebelumnya, di lokasi Jalan Cipto yang telah dilebarkan, masih berdiri sejumlah ruko yang pembongkarannya sempat tertunda.

Yoyon mengklaim, pemkot dan pemilik ruko telah sepakat mengenai harga tanah tempat ruko itu berdiri. Untuk ini pemkot telah menganggarkan miliaran rupiah melalui APBD. Begitu juga untuk fisik pelebaran jalan. "Saat ini masih lelang untuk pekerjaan fisiknya, kemungkinan setelah lebaran dikerjakan," tambah dia.

Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno pernah menjanjikan penataan di kawasan Cipto. Kawasan ini dianggap sebagai etalase kota sehingga layak ditata menjadi lebih indah. "Taman-taman kota di sekitar jalan akan ditata, bahkan direncanakan ada air mancur," ujar dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6801 seconds (0.1#10.140)