Libur Paskah, pusat oleh-oleh Cirebon ramai

Sabtu, 19 April 2014 - 02:00 WIB
Libur Paskah, pusat oleh-oleh Cirebon ramai
Libur Paskah, pusat oleh-oleh Cirebon ramai
A A A
Sindonews.com - Libur Paskah yang bertepatan dengan week end kali ini membuat pusat oleh-oleh Cirebon ramai dikunjungi. Rata-rata mereka yang datang berasal dari luar kota yang hendak berbelanja suvenir khas daerah pesisir ini, mulai dari batik, jajanan, dan kerajinan lain.

Seperti yang terlihat di Pusat Grosir Batik Trusmi di kawasan Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, kemarin. Kunjungan ribuan orang membuat tempat itu meraup untung melebihi hari biasa hingga puluhan juta rupiah.

“Hari libur seperti ini biasanya pengunjung yang datang sampai 300%. Setidaknya ada 3.000 orang datang kemari untuk berbelanja oleh-oleh khas Cirebon,” terang pemilik Pusat Grosir Batik Trusmi Ibnu Riyanto.

Pria yang pernah mencatatkan namanya dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) ini menyebut, kebanyakan pengunjung yang datang pada masa libur berasal dari luar kota seperti Bandung dan Jakarta.

Pusat Grosir Batik Trusmi sendiri dikenal sebagai one stop shopping, namun fashion atau pakaian khususnya untuk wanita merupakan item yang paling banyak diburu.

Sementara itu, menghadapi arus balik pada liburan Paskah PT KAI Daop 3 Cirebon menambah dua perjalanan KA tambahan Argojati dan Cireks tujuan Jakarta. KA tambahan tersebut, menurut Humas PT KA Daop 3 Cirebon Suprapto, terutama disiapkan saat arus balik atau pada 20 April nanti.

“Jadi, pada 20 April 2014 jumlah rangkaian KA Argojati dan Cireks tujuan Jakarta menjadi 11 perjalanan. Pada hari biasa hanya sembilan perjalanan KA,” terang dia.

Sejauh ini, lanjut dia, tiket KA Argojati dan Cireks untuk tanggal 20 April dengan pemberangkatan Cirebon menuju Jakarta sendiri rata-rata telah habis terjual. Meski begitu, untuk jam-jam tertentu masih tersedia.

Sementara untuk KA Ciremai Ekspres dari Cirebon menuju Bandung rata-rata okupansi berkisar 90-95 persen.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)