Penyebab kapal tenggelam saat Jumat Agung di NTT

Jum'at, 18 April 2014 - 17:25 WIB
Penyebab kapal tenggelam saat Jumat Agung di NTT
Penyebab kapal tenggelam saat Jumat Agung di NTT
A A A
Sindonews.com - Aparat kepolisian hingga kini masih terus melakukan penyelidikan terkait tenggelamnya kapal motor Nelayan Bhakti di perairan Selat Sempit Ujung Aro, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Saat kejadian, kapal motor sarat penumpang itu sedang melakukan prosesi laut Jumat Agung sekira pukul 11.10 WIT. Tujuh orang tewas dalam insiden itu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, kapal motor itu tenggelam lantaran kelebihan muatan. "Kapal tenggelam disebabkan oleh kelebihan daya muat penumpang dan kondisi arus laut yang deras," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya kepada SINDOnews.com, Jumat (18/4/2014).

Saat kapal terbalik, penumpang kemudian berteriak dan terjun ke laut dengan kondisi arus yang deras. Kapal lain yang mengikuti prosesi tersebut segera memberikan pertolongan.

"Data sementara yang dihimpun BPBD Flores Timur dilaporkan bahwa dari 53 penumpang telah dievakuasi dimana 7 orang tewas (3 orang anak-anak dan 4 orang dewasa), 29 orang masih dirawat di RSU Flores Timur, dan 17 orang sudah pulang ke rumahnya. 4 orang masih dalam pencarian oleh petugas," tutur Sutopo.

Hingga kini, bangkai kapal telah ditarik ke pelabuhan terdekat. Sementara nahkoda kapal saat ini masih diperiksa oleh aparat kepolisian setempat.

Baca juga:
Ikuti Jumat Agung, 7 warga NTT tewas tenggelam
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5545 seconds (0.1#10.140)