Pasang CCTV di toilet wanita kejahatan tak bermoral

Selasa, 08 April 2014 - 09:54 WIB
Pasang CCTV di toilet wanita kejahatan tak bermoral
Pasang CCTV di toilet wanita kejahatan tak bermoral
A A A
Sindonews.com - Pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di toilet wanita Universitas Sumatera Utara (USU) disebutkan merupakan bagian dari kejahatan yang tidak bermoral.

Hal itu dikatakan Kriminolog dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Nursariani, kepada SINDO, Selasa (8/4/2014).

“Aneh, kalau umumnya terungkapnya suatu kejahatan karena ada rekamanCCTV, ini justru berbeda. Dengan ini (CCTV) digunakan untuk ngeten (mengintip). Ini luar biasa,” katanya.

Dia menyebutkan, pelaku atau oknum tertentu yang sengaja memasang kamera pengintai di toilet itu merupakan kejahatan baru dan perlu diperiksa kejiwaannya.

"Sebab, toilet merupakan tempat yang sangat privasi. Pelaku bisa tahu semua apa kegiatan dan yang dilakukan mahasiswi ketika buang air atau lainnya,” ungkapnya.

Selain tidak bermoral, pelaku juga telah memberikan citra yang buruk bagi institusi pendidikan tersebut. Apalagi kasus ini sudah berlangsung lama. “Siapa saja yang sudah pernah terlihat dalam rekaman CCTV itu akan sangat berdampak negatif,” ujarnya.

Sebelumnya diketahui, toilet wanita di gedung Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara (USU) diduga dipasangi kamera CCTV oleh oknum dosen setempat. Terbongkarnya pemasangan kamera pengintai ini terungkap setelah salah satu tersangka pencuri alat praktik mahasiswa FKG, Prayitno (47) ditangkap jajaran Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Medan Baru.

Prayitno yang juga satpam di FKG USU ini sebelumnya tertangkap mencuri empat kursi unit dental milik FKG USU.

Selain Prayitno polisi membekuk Sony Syahputra (39) PNS bagian Administrasi FKG USU, M Shehol (37) warga, Jalan Cinta Karya, Kecamatan Medan Polonia sebagai penadah dan dua tukang gigi, Rasyid (38) serta Sugito (51).

Saat diperiksa polisi Prayitno mengaku terdapat CCTV di toilet wanita gedung FKG USU. “Bukan saya yang memasang CCTV. Tapi, saya tahu siapa orang yang menyuruh untuk memasangkan CCTV di toilet wanita itu. Dalangnya seorang dosen. Saya enggak berani menyebutkan namanya. Tanya saja sama polisi. Nanti kena pula saya dengan polisi,” ungkap Prayitno di Mapolsekta Medan Baru, Senin 7 April 2014.

Baca juga:
Ada CCTV di toilet kampus, ini komentar mahasiswi USU
Monitor CCTV toilet wanita USU ada di ruangan Pak H
CCTV di toilet wanita USU sengaja dipasang untuk mengintip
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)