Pawai ogoh-ogoh tandai Perayaan Nyepi di Bali

Minggu, 30 Maret 2014 - 23:18 WIB
Pawai ogoh-ogoh tandai Perayaan Nyepi di Bali
Pawai ogoh-ogoh tandai Perayaan Nyepi di Bali
A A A
Sindonews.com - Kota Denpasar dan sekitarnya bertambah semarak dengan kehadiran atraksi pawai ratusan ogoh-ogoh yang diarak keliling kota dan wilayah Banjar sekaligus menandai dimulainya tapa Brata penyepian.

Sejak Minggu (30/3/2014) sore sekira pukul 18.00 Wita, patung raksasa dengan beragam bentuk dan ukuran telah dijejer di beberapa ruas jalan di Kota Denpasar dan Badung, .

Ribuan warga keluar rumah untuk menyaksikan ogoh-ogoh yang diarak kaum muda Banjar, lengkap dengan iringan tetabuhan kesenian khas tradisional Bali.

Tidak hanya pria, remaja putri berseragam dengan dandanan kostum cukup atraktif semakin menambah serunya pawai ogoh-ogoh.

Sesekali letusan kembang api, terdengar sehingga memberi hiburan tersendiri bagi warga maupun wisatawan yang tengah menikmati malam menjelang Nyepi yang cukup cerah itu.

Petugas kepolisian bersama satuan pengaman desa adat terus mengamankan jalannya pawai di malam pangrupukan itu.

Demikian pula beberapa jalan Kota Denpasar ditutup bagi kendaraan seperti di Jalan Patimura, Veteran, Gajah Mada dan lainnya. Dari pantauan di Jalan Cokrominoto hingga ke Jalan Raya Sempidi, warga tampak berjelan di kanan kiri jalan menyaksikan pawai.

Anak-anak, tua muda membaur untuk menyaksikan pawai yang sesekali mementaskan atraksi pemuda ketika mengusung ogoh-ogoh yang melayang-layang, berputar-putar diiringi musik tradisonal dan kolaborasi modern.

"Setiap malam pangrupukan saya sempatkan melihat bersama anak istri, cukup menarik suguhan atraksi pawai ogoh-ogoh, ya untuk hiburan anak-anak," kata Budiono warga Perumahan di Sading, Mengwi, Badung saat menyaksikan pawai di Jala Raya Sempidi, Badung.

Hingga pukul 22.00 Wita, pawai masih berlangsung dan nantinya masing-masing kelompok pemuda usai berkeliling mereka kembali membawa ogoh-ogohnya ke Banjar atau sekitar tempat tinggal mereka, sebelum nantinya dibakar beramai-ramai.

Hingga berita ini dibuat, pelaksanaan pawai ogoh-ogoh yang mendapat perhatian serius jajaran kepolisian dan unsur lainnya seperti pecalang relatif berjalan lancar.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)