Pilkades 6 desa di Boyolali ditunda

Senin, 03 Maret 2014 - 00:30 WIB
Pilkades 6 desa di Boyolali ditunda
Pilkades 6 desa di Boyolali ditunda
A A A
Sindonews.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di enam desa di Boyolali batal digelar tahun ini. Pasalnya Pilkades digelar bersamaan dengan Pemilu 2014, sehingga dinilai rawan konflik.

Kasubag Aparat Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Eko Sumardiyanto mengatakan Pilkades yang ditunda itu antara lain di Desa Kopen Kecamatan Teras, Ngagrong Kecamatan Ampel dan Desa Glintang Kecamatan Sambi, Desa Jurug Kecamatan Mojosongo, Kedungrejo Kemusu dan Desa Gubug Cepogo.

Menurut dia, akhir masa jabatan Kepala Desa tersebut bervariasi, mulai dari bulan Februari 2014 ini hingga bulan Juni 2014 mendatang.

"Lima kepala desa masa jabatannya berakhir tahun ini, sedangkan untuk Desa Gubug Ceopgo, Kadesnya meninggal dunia sehingga harus dilakukan pemilihan ulang," ucapnya, Minggu (2/3/2014).

Pilkades selanjutnya akan dilaksanakan 2015 mendatang. Hal itu agar proses pileg dan pilpres dapat dilaksanakan dengan sukses tanpa gesekan.

Sedangkan untuk mengisi kekosongan jabatan Kades selama ada penundaan, menurutnya bakal diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungkan Pemkab Boyolali, melalui kecamatan masing-masing.

Nantinya pihak kecamatan harus menunjuk salah satu staf mereka untuk mengisi posisi tersebut sebelum akhir masa jabatan berlangsung.

"Kalau sudah digelar Pilkadesnya, pejabat yang mengisi kekosongan itu bisa ditarik kembali ke Kecamatan masing-masing sesuai dengan porsi kebutuhan," ucapnya.

Namun demikian, keputusan untuk menunda pilkades di enam desa itu belum final. Pihaknya masih menunggu perkembangan dari Pemda Boyolalu. Jika ada celah untuk menggelar pilkades tahun ini, maka pesta demokrasi memilih pemimpin tingkat desa itu tetap akan digelar.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4619 seconds (0.1#10.140)