Pusat Kota Bandung bakal pindah ke Gedebage

Rabu, 12 Februari 2014 - 21:57 WIB
Pusat Kota Bandung bakal pindah ke Gedebage
Pusat Kota Bandung bakal pindah ke Gedebage
A A A
Sindonews.com - Pemkot Bandung tengah merancang sebuah konsep kota baru yang akan segera diwujudkan. Konsep tersebut adalah pengembangan kawasan Bandung Timur yang nantinya akan menjadi pusat kota baru.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) mengatakan, salah satu hal yang akan segera diwujudkan adalah pindahnya pusat pemerintahan ke kawasan Gedebage. Dia menilai, pusat kota saat ini dirasa sudah padat dan kurang merata.

"Pemindahan ini sebagai pemerataan pembangunan kota. Kita mengusung konsep teknopolis. Jadi konsentrasi masyarakat tidak terpusat di Bandung tengah saja,” kata RK yang juga pernah tercatat sebagai dosen arsitektur di ITB ini.

Dia melihat, saat ini segala bentuk konsentrasi masyarakat mulai dari pekerjaan hingga tempat rekreasi terpusat di kawasan Bandung Tengah.

Idealnya, lanjut dia, Kota Bandung memiliki empat hingga lima alun-alun. Namun kenyataannya baru terdapat dua yakni Alun-Alun Bandung di Kawasan Dalam Kaum dan Alun-Alun Ujung Berung di Jalan Ujung Berung.

“Mungkin realisasi itu akan dimulai pada 2015 nanti. Nanti Bandung Tengah menjadi kota yang bisa melestarikan bangunan cagar budaya. Semacam kota lama atau kota herritage," jelasnya.

Disinggung soal imbas dari perpindahan yakni kemacetan. Pria lulusan Master of Urban Design di University of California, Berkeley, Amerika ini tidak mempermasalahkannya.
Menurutnya, hal itu bisa teratasi dengan rencana pembangunan monorel dan pengembangan transportasi publik lainnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7359 seconds (0.1#10.140)